Proyek Jembatan Selat Sunda dilelang 2014

Kamis, 14 Juni 2012 - 18:31 WIB
Proyek Jembatan Selat Sunda dilelang 2014
Proyek Jembatan Selat Sunda dilelang 2014
A A A


Sindonews.com - Pemerintah menargetkan proyek pembangunan Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Jawa dan Sumatera mulai dibangun pada 2014 mendatang yang akan memakan waktu hingga 10 tahun.

"Kita harapkan pengerjaan fisik Jembatan Selat Sunda mulai tahun 2014. Saat ini masih persiapan teknis pembangunan, aspek pendanaan, studi pengembangan kawasan yang akan dibangun, dan berbagai persiapan," papar Wakil Menteri Pekerjaan Umum Ahmad Hermanto Dardak di hotel Werdha Pura, Sanur, Denpasar, (14/6/2012).

Jembatan penghubung Provinsi Banten dan Lampung itu rencananya sepanjang 29-30 kilometer dengan tinggi mencapai 80 meter dari atas permukaan laut.

"Proyek dimulai tender tahun 2014 diperkirakan selesai dalam waktu 8-10 tahun dengan membutuhkan dana sekira Rp100 triliun lebih," imbuhnya dalam seminar internasional tentang pembangunan infrastruktur dan kawasan di Selat Sunda.

Hermanto menjelaskan, sebelum jembatan terpanjang di Indonesia ini akan dibangun, pihaknya telah menggandeng ahli-ahli pembuat jembatan seperti yang dibangun di Jepang dan Korea.

Tidak hanya itu, pihaknya telah mengundang investor yang paham investasi pembuatan jembatan, sehingga bisa mengetahui mulai dari skema pendanaannya apakah nantinya merupakan kongsi pemerintah, swasta, obligasi, dan model pembangunan lainnya.

Skema pendanaannya masih dalam kajian tim konsorsium untuk bagaimana nantinya dikembangkan bagi kawasan dan infrastruktur jembatan di Selat Sunda ini.

Sampai saat ini, sejumlah investor asing telah menyatakan ketertarikannya berinvestasi dalam proyek Jembatan Selat Sunda seperti dari China, Korea dan Jepang. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4687 seconds (0.1#10.140)