Targetkan BEI ke tingkat dunia

Sabtu, 16 Juni 2012 - 10:04 WIB
Targetkan BEI ke tingkat dunia
Targetkan BEI ke tingkat dunia
A A A


Sindonews.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) tiga tahun kedepan kembali dipimpin Ito Warsito. Dia menyatakan akan membawa BEI menjadi bursa kompetitif dengan kredibilitas tingkat dunia.

Guna merealisasikan itu, Ito telah menyiapkan empat hal. Pertama, menarik emiten dan juga investor yang berkualitas. Kedua, membangun sistem berkualitas. Ketiga, membuat produk-produk yang dibutuhkan investor. Terakhir, membangun sumber daya manusia yang sesuai dan berkualitas.

“Produk-produk yang dimaksud seperti syariah dan pelindung nilai,” ungkapnya kepada wartawan di Jakarta kemarin.

Menanggapi hal terkait dengan ada direksi yang berasal dari dua paket lain, dia yakin kerja sama tim bukan soal dari paketnya, melainkan dari kemampuan kerja sama tim-tim yang akan dibentuknya. “Saya yakin visi misi mereka sama,” katanya.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) Isaka Yoga mengatakan terpilih kembalinya Ito Warsito sebagai Direktur Utama PT Bursa Efek Indonesia (BEI) diyakini karena ada agenda pasar modal yang harus diselesaikan.

Karena itu, dibutuhkan sosok yang telah mengetahui persoalan dan cara menyelesaikannya. Tidak heran kalau Bapepam-LK juga memilih calon direksi BEI yang juga masih menjabat sebagai pendamping Ito Warsito.

Dia menjelaskan, otoritas pasar modal telah memiliki master plan perkembangan bursa untuk jangka waktu tertentu di antaranya infrastruktur IT dan persiapan menghadapi rencana integrasi pasar modal ASEAN 2015.

Beberapa hal yang harus dibenahi Ito Warsito antara lain meningkatkan jumlah emiten berkualitas serta jumlah investor lokal. “Ito Warsito harus menyelesaikan program yang berjalan.Jangan sampai meloncat pada program lain,” tutur dia saat dihubungi SINDO kemarin.

Sementara itu, Ketua Bapepam- LK Nurhaida mengatakan, uji kompetensi yang dilakukan pihaknya telah berdasarkan pada aturan yang berlaku.

Uji kompetensi dilakukan sejumlah pejabat Bapepam-LK baik secara administratif maupun wawancara. Penilaian fokus pada aspek integritas dan kompetensi. Dia mengatakan, semua calon direktur utama dan direktur lainnya mempunyai visi yang jelas, pemahaman atas kondisi pasar modal, dan mengetahui peraturan pasar modal.

Untuk itulah, perlu direksi yang memahami dan mengenal perkembangan pasar modal. “Memang ada yang kami fokuskan di antaranya masa transisi penggunaan infrastruktur yang ada di antaranya data warehouse, SID, STP, dan kartu akses. Pada semester II/2012 program itu selesai,” tutur dia.

Dalam waktu dekat, Bapepam- LK akan mengundang semua direksi terpilih untuk menyatukan program kerja. Sekaligus belajar menyatukan program kerja agar bisa membuat rencana aksi kerjanya. Apalagi pada dasarnya visi dan misi semua calon direksi hampir sama yaitu didasarkan pada master planpasar modal.

Bapepam-LK telah mengumumkan direksi terpilih periode 2012-2015 yakni Direktur Utama Ito Warsito,Direktur Penilaian Perusahaan Hoesen, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Uriep Budhi Prasetyo, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa Samsul Hidayat.

Kemudian Direktur Pengembangan Friderica Widyasari Dewi, Direktur TI dan Managemen Resiko Adikun Basirun, serta Direktur Keuangan dan SDM Hamdi Hassyarbaini. (bro)

()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8208 seconds (0.1#10.140)