Investasi syariah masih minim peminat

Selasa, 19 Juni 2012 - 12:44 WIB
Investasi syariah masih minim peminat
Investasi syariah masih minim peminat
A A A


Sindonews.com - Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati mengakui sistem obligasi syariah masih sangat minim digunakan masyarakat, walaupun diketahui secara mayoritas orang Indonesia beragama islam. Hal itu dikarenakan selama ini masyarakat cenderung terbiasa dengan sistem konvensional dalam berinvestasi.

"Saat ini orang hanya terbiasa dengan sistem konvensional. Butuh waktu yang cukup lama, karena itu harus dengan edukasi juga pada pelaku pasar," ujar Anny saat ditemui dalam acara Konferensi Internasional Pasar Modal Syariah 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (19/6/2012).

Selain itu, Anny menambahkan, kendala yang dihadapi adalah sulitnya pelaku pasar memahami bahasa atau variabel yang digunakan di sistem syariah. Sehingga, edukasi yang diberikan pun harus lebih intensif. Salah satu caranya, menurut Anny, adalah menggunakan sosial media dalam menyampaikan informasi.

"Mungkin perlu juga dikaitkan dengan facebook atau twitter. Biar ada informasi tentang sistem syariah. Tapi memang tidak mudah, mulai dari bahasa saja sudah sulit untuk dimengerti," jelasnya.

Selama ini, dia menuturkan, sistem syariah cukup stabil dibandingkan konvensional, terutama ketika terjadi krisis. Data mencatat sejak tahun 2008 hingga 2011 peningkatan investor yang meletakan sahamnya di sistem syariah cukup tajam. "Karena memang secara prinsip cukup menjaga. Terlihat karena disambungkan dengan sektor rill sistem syariah ini," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6841 seconds (0.1#10.140)