Bayu: Perusahaan BUMN harus berjiwa nasionalisme

Rabu, 20 Juni 2012 - 17:22 WIB
Bayu: Perusahaan BUMN harus berjiwa nasionalisme
Bayu: Perusahaan BUMN harus berjiwa nasionalisme
A A A


Sindonews.com - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurti mengingatkan kepada perusahaan-perusahaan BUMN agar tidak melupakan Indonesia. Pasalnya, Bayu melihat selama ini kecenderungan perusahaan-perusahaan tersebut hanya berjalan tanpa jiwa nasionalisme.

"Kalau semua perusahaan-perusahaan ini digabung, warna apa yang keluar? hanya ada dua warna, merah dan putih. Jangan lupa itu," ujar Bayu saat menutup acara BUMN Marketing Day 2012 di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu (20/6/2012).

Bayu mengatakan, perusahaan BUMN sejatinya memiliki kekuatan yang sangat besar untuk bersaing, baik di pasar domestik ataupun di luar negeri. Lanjutnya, ketika perusahaan itu memasarkan produknya, maka secara tidak langsung akan menggambarkan negara.

Saat ini, dia mengakui Perusahaan BUMN tidak sepi dari kritik dan pandangan negatif. Maka dari itu, perlunya sebuah good strategy agar semua opini yang berkembang selama ini dapat dipatahkan. "Sehingga orang juga tidak ngomong, ya sudah kasih ke swasta aja," tegas Bayu.

Bayu menuturkan, tahun 2015 pasar domestik merupakan sebuah tantangan yang harus dihadapi, karena akan memasuki ASEAN Economic Comunnity (AEC). Dirinya berharap, perusahaan BUMN dapat menjadi raja di pasar domestik untuk langkah pertama dan minimum.

"Anda sebagai merah putih, misi yang paling utama adalah perbankan, bank-bank BUMN harus jadi the best bank in Indonesia. Airlines, harus jadi the best airline. Kemudian begitu juga dengan energi, itu paling minimal dan kalau nggak ya buat apa," ucapnya.

Bayu menyarankan, dalam agenda BUMN Marketing Day 2013, harus ada perubahan kategori. Pertama, menurutnya dari sisi marketing produk, kemudian perusahaan, dan marketing BUMN di Indonesia secara keseluruhan serta bagaimana perusahaan pelat merah tesebut dapat merajai di negara lain. "Jangan sampai pasar kita yang besar ini direbut tanpa perlawanan," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5105 seconds (0.1#10.140)