PT KAI berlakukan tarif terjauh saat lebaran

Rabu, 20 Juni 2012 - 19:09 WIB
PT KAI berlakukan tarif terjauh saat lebaran
PT KAI berlakukan tarif terjauh saat lebaran
A A A


Sindonews.com - Menyambut momen lebaran tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberlakukan tarif terjauh mendekati tarif batas atas.

"Untuk tarif kereta api komersial selama masa angkutan lebaran berlaku tarif terjauh mendekati tarif batas atas dan ekonomi sesuai dengan surat Keputusan Kemenhub yang berlaku. Tarif tambahan sama dengan tarif kereta reguler sejenis yang diikutinya," kata Direktur Komersial PT KAI Sulistio Wimbo Hardjito di Gedung JRC, Jakarta, Rabu (20/12/2012).

"Pada masa Lebaran, KAI juga masih menerapakan tarif diskon untuk lansia, anak, pensiunan pegawai aktif, dan pegawai aktif PT KAI, TNI, Polri," tambah Wimbo.

Namun ada beberapa kereta yang tidak dikenakan tarif khusus. Yakni kereta api Agro Bromo Anggrek relasi Cirebon-Gambir, Argo Bromo Angrek relasi Sematang Tawang-Surabaya Pasar Turi, kereta api Argo Lawu relasi Solo-Cirebon, dan Kereta Api Argo Dwipangga relasi Gambir-Cirebon.

Untuk itu penumpang diarahkan untuk menggunakan kereta api sesuai dengan relasi terakhir kereta tersebut dan tidak melayani angkutan terusan dan sementara untuk tiket kereta api komersial tetap dilayani. (wdi)

Demi mengantisipasi padatnya arus mudik saat Lebaran mendatang, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan rangkaian kereta 178 kereta api di mana 18 kereta api komersial dan 14 kereta Api ekonomi tambahan.

"Kami menyiapkan rangkaian reguler sebanyak 178 kereta api, 18 KA tambahan komersial dan 14 KA tambahan Ekonomi" kata Sulistio.

Selain itu, pihaknya juga memepersiapkan penambahan lokomotif sebanyak 166 unit yang terdiri dari lokomotif dinas dan lokomotif cadangn. "Armada lokomotif yang disiapkan sebanyak 166 unit meliputi lokomotif dinas sebanyak 140 unit dan cadangan 26 unit," tambah Wimbo.

Demi mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan, KAI juga menyiapkan Alat material di yang titik dianggap rawan seperti banjir dan longsor. Selain itu PT KAI juga telah bekerja sama dengan instasi terkait untuk keselamatan di perlitasan. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5709 seconds (0.1#10.140)