Pasar dalam negeri harus dikelola maksimal

Kamis, 21 Juni 2012 - 11:51 WIB
Pasar dalam negeri harus dikelola maksimal
Pasar dalam negeri harus dikelola maksimal
A A A
Sindonews.com - Pasar dalam negeri masih sangat minim menyumbang pertumbuhan ekonomi dimana hanya tiga persen konsumsi saja sumbangannya. Padahal pertumbuhan ekonomi Indonesia 60 persen ditopang oleh konsumsi di dalam negeri.

Oleh karena itu, Sekertaris Jenderal Kementerian Perdagangan Luar Negeri Ardiansyah Farhan, mengatakan, bila ingin ekonomi terus tumbuh, maka pasar dalam negeri harus dikelola dengan baik dan maksimal.

"Pertumbuhan ekonomi kita akan selalu positif jika kita tetap menjaga konsumsi dalam negeri," ungkap Ardiansyah usai membuka Forum Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah terkait Peningkatan Ekspor dan Kerjasama Perdagangan Internasional di Gedung Auditorium Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia BPPEI, Jakarta, Kamis (21/6/2012).

Ditambahkannya, saat ini ekspor nonmigas baru mencapai 2,2 persen di 2011. Padahal, target 2012 berada di kisaran 12 persen. "Pencapaian USD203 miliar tahun lalu itu sudah luar biasa, di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi global akibat dari krisis Eropa dan Amerika," terang Ardiansyah.

Untuk itu, dia mengungkapkan beberapa cara untuk memenuhi target ekspor, yakni membuka dan mengamankan akses pasar dari berbagai forum diplomasi. Mempromosikan produk ekspor Indonesia melalui misi dagang dan pameran-pameran dengan para produsen dalam negeri, dan menyusun kebijakan ekspor nasional serta memfasilitasi ekspor.

"Ketiga langkah strategis harus dilakukan bersamaan untuk memnuhi target. Krisis eropa berpotensi mengurangi permintaan produk-produk Indonesia," tukas Ardiansyah.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7587 seconds (0.1#10.140)