Dahlan minta PT KAI & ASDP siap hadapi Lebaran

Jum'at, 22 Juni 2012 - 15:24 WIB
Dahlan minta PT KAI & ASDP siap hadapi Lebaran
Dahlan minta PT KAI & ASDP siap hadapi Lebaran
A A A


Sindonews.com - Menteri BUMN Dahlan Iskan meminta PT Kerera Api Indonesia (KAI/Persero)) dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) bersiap menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini. Hal ini untuk mengantisipasi munculnya kekacauan dan kekisruhan penumpang yang tidak terangkut mengingat armada yang ada sangat terbatas.

"Saya katakan untuk PT KAI bagaimanapun juga tidak akan mencukupi melayani semua penumpang pada saat lebaran. Bohong kalau saya katakan PT KAI tidak ada masalah dan siap mengangkut semua penumpang," kata Dahlan saat ditemui di RS Cahaya Kawaluyaan, Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jumat (22/6/2012).

Menurutnya, persoalan klasik yang dihadapi PT KAI adalah keterbatasan sarana jalan. Jadi mau bagaimanapun revitalisasi armada dilakukan, pengerahan kereta tambahan berpuluh-puluh gerbong, manakala tracknya tidak ditambah tetap saja percuma. Karena selama double track belum terealisasi, intensitas jadwal keberangkatan kereta api tidak akan bisa ditambah.

Pihaknya saat ini sedang merintis pembangunan jalan kereta api double track Jakarta-Surabaya yang ditargetkan dua tahun kedepan akan selesai. Pembangunan ini dilakukan secara bertahap, Jakarta-Cirebon, Cirebon-Brebes, Brebes-Surabaya. Setelah itu jadi, maka keberangkatan kereta bisa dilakukan lima menit sekali, karena antara satu kereta dengan yang lain tidak harus saling menunggu.

"Jadi antisipasinya, beli tiket kereta harus jauh-jauh hari dan yang tidak kebagian harus memikirkan angkutan alternatif lainnya," ucapnya.

Begitupun dengan kesiapan PT ASDP (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) di Merak, ia sudah minta terus berbenah. Beberapa waktu lalu sempat ada perbaikan dermaga dan menimbulkan kemacetan yang cukup parah. Perbaikan itu supaya terus dilakukan dan diselesaikan secepatnya mengingat masa libur arus mudik dan balik lebaran sudah sangat dekat.

"Saya sudah minta kepada masing-masing korporasi supaya menyiapkan fasilitas dan sarananya untuk mengantisipasi libur Lebaran. Saya tidak mau terjadi kekacauan akibat persiapan tidak maksimal," pungkasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3903 seconds (0.1#10.140)