2013, Pindad akan produksi ribuan mobil listrik

Jum'at, 22 Juni 2012 - 20:12 WIB
2013, Pindad akan produksi...
2013, Pindad akan produksi ribuan mobil listrik
A A A


Sindonews.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan, PT Pindad akan memproduksi motor penggerak untuk mobil listrik.

"Tahun depan (produksi) mesinnya ribuan," kata Dahlan usai membuka Konferensi Rotary Club di Hotel Grand Royal Panghegar, Bandung, Jumat (22/6/2012).

Lebih lanjut Dahlan mengatakan, pemerintah memilih PT Pindad karena industri senjata dalam negeri ini memikiki kemampuan untuk memroduksi motor penggerak mobil listrik. Indonesia memiliki empat jenis mobil listrik yang bisa diproduksi dalam negeri. Satu jenis mobil listrik ini yang dikerjasamakan dengan Pindad.

"Kerja sama dengan Pindad saja, yang satu jenis. Kita kan punya empat jenis (mobil listrik). Tiga jenis lagi biar swasta lah, swasta juga sanggup kok," katanya.

Pihaknya akan mendatangkan ahli motor dari Jepang ke proyek pembuatan motor di Pindad tersebut. "Ahli dari Jepang itu akan membikin motor di Pindad juga," terangnya.

Rencananya, dalam satu bulan setengah Pindad akan bisa membuat mobil listrik sejenis sedan Jazz. Dan dua minggu lagi akan memroduksi mobil sejenis Avanza. Rencananya, pemerintah akan menggandeng dua BUMN untuk memproduksi motor, yakni Pindad dan PT Inka.

Namun, Pindad dinilai lebih siap dari PT Inka. Meski begitu, kerja sama dengan Inka tidak dilepas. "Inka kita minta mematangkan timnya untuk dua tahun lagi. Inka memproduksi juga," jelasnya. (bro)
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0452 seconds (0.1#10.140)