Peminat kain Ulos masih tinggi

Senin, 25 Juni 2012 - 10:02 WIB
Peminat kain Ulos masih tinggi
Peminat kain Ulos masih tinggi
A A A
Sindonews.com – Pameran kain ulos dan kebaya kuno Batak yang berlangsung di International Convention Center (MICC) Santika Premiere Dyandra Hotel menyedot perhatian peminat dan pecinta kain ulos dan kebaya Batak di Kota Medan.

Ini menandakan bahwa kecintaan masyarakat Kota Medan terhadap kain ulos dan kebaya Batak masih sangat tinggi. “Begitu pameran ini kita buka ternyata banyak peminat kain ulos itu,”ujar Ketua Panitia Pameran Torang Sitorus, kemarin.

Pameran yang bertajuk Tribute to Sisingamangaraja XII itu menghadirkan eksebisi 200 kain ulos dan kebaya kuno dari berbagai etnis Batak di Sumatera Utara (Sumut).

Pameran kain ulos dan kebaya tersebut terbuka untuk umum. “Anda bisa melihat-lihat koleksi ulos tua koleksi kami.Ada juga dipamerkan kebaya kuno, dan foto-foto bertemakan Batak karya fotografer Johnny Siahaan,” tutur Torang yang juga designer kain ulos ini.

Dalam pameran tersebut juga digelar pagelaran seni budaya Batak, yakni menampilkan Gondang Batak,Opera Batak, tari Tor-Tor berkolaborasi dengan fashion show persembahan Torang Sitorus.

Usai acara hiburan,Torang menggelar lelang kain tenun sebagai upaya penggalangan dana untuk rencana pembangunan Museum Ulos Sisingamangaraja XII. “Kami adakan juga lelang kain ulos, dan ternyata peminatnya banyak. Ini kami lakukan sebagai bentuk penggalangan dana untuk rencana pembangunan Museum Ulos Sisingamangaraja XII,” kata Torang.

Dengan bantuan dana itu diharapkan rencana pembangunan museum tersebut bisa semakin cepat.“Kami bisa bantu biayanya dengan lelang ini. Jadi rencana tersebut akan semakin cepat terwujud,”paparnya.

Pameran kain ulos dan kebaya Batak tersebut juga menampilkan demo menenun. Pengunjung bisa menyaksikan secara langsung bagimana pembuatan kain tenun tradisional suku Batak Toba dari penenunnya.“Untuk demo menenun ini khusus didatangkan dari tempat tenun kain ulos Batak,” tandasnya.

Public Relation Manager Santika Premiere Dyandra Hotel Gledy Simanjuntak menuturkan, pameran bertemakan Tribute to Sisingamangaraja ini diselenggarakan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan Raja Sisingamangaraja XII sekaligus pelestarian budaya Sumut.Kegiatan ini digelar hasil kerja sama Hotel Santika dengan Torang Sitorus dan Forum Sisingamangaraja XII.

”Hari ini (kemarin) pengunjung disuguhkan hiburan fashion show ulos cilik dan pertunjukan tari tenun kuno yang menjadi warisan kekayaan adat Batak.Kami melihat pengunjung cukup antusias menyaksikannya,” pungkasnya.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2973 seconds (0.1#10.140)