Dermaga Pelabuhan Sibolga ditarget beroperasi 2013

Rabu, 27 Juni 2012 - 07:48 WIB
Dermaga Pelabuhan Sibolga ditarget beroperasi 2013
Dermaga Pelabuhan Sibolga ditarget beroperasi 2013
A A A
Sindonews.com – Dermaga pelabuhan penyeberangan Feri PT Angkutan Sungai Danau dan Perairan (ASDP) di Jalan Mojopahit, Kecamatan Sibolga Sambas, Kota Sibolga ditargetkan beroperasi pada tahun 2013 mendatang.

Dalam rangka itu, Direktorat Jenderal (Dirjend) Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Kemenhub Kominfo) RI, Jhonny Siagian melakukan koordinasi dengan Perusahaan–perusahaan, Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga serta dari sektor PT Angkutan Sungai, Darat dan Perairan (ASDP) Perhubungan Darat, kemarin.

Hal ini juga mengingat permintaan atau pesan dari Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk tentang operasional pelabuhan PT ASDP dimana disebutkan bahwa keberadaan kapal di pelabuhan Samudera Sibolga sudah padat.

Menurut Dirjen Perhubungan Darat, Kemenhub Kominfo RI, Jhonny Siagian, pada prinsipnya, pelaksanaan pembangunan pelabuhan penyeberangan Feri PT ASDP cabang Sibolga sudah selesai pada beberapa tahun yang lalu. Namun operasional yang diharapkan ternyata masih terkendala oleh beberapa hal baik dari sisi fasilitas dalam pelabuhan maupun luar pelabuhan.

Namun, permasalahan tersebut ungkap Jhonny, bukan lah krusial. Dermaga pelabuhan PT ASDP cabang Sibolga tersebut sebenarnya dapat saja dioperasionalkan meskipun seadanya (minimal operasi), asal ada koordinasi dan kesepakatan bersama dengan pihak– pihak terkait. Artinya, sembari beroperasi, kendala–kendala atau permasalahan–permasalahan yang masih ada tersebut seperti persoalan izin, fasilitas dan lain sebagainya tetap disempurnakan.

“Hal itu lah sebenarnya yang harus dilakukan,” kata Jhonny Siagian didampingi stafnya Fredi Tampubolon,

Sementara sambung Jhonny, dalam rangka operasional pelabuhan tahun 2013 mendatang, pihaknya pada tahun anggaran (TA) 2012, telah mengusulkan anggaran pelengkapan fasilitas darat untuk operasional dermaga pelabuhan Sibolga sebesar Rp5,7 Miliar.

Anggaran yang diusulkan ke pemerintah pusat tersebut diharapkan dapat ditampung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) guna dapat dikucurkan pada TA 2013 mendatang. Menurut Jhonny Siagian yang datang bersama staff Fredy Tampubolon,

“Namun ini kan baru sebatas pengusulan, realisasinya belum dapat kita pastikan dan kita lihat nantinya sebab bisa saja terjadi perubahan,” tukasnya.

Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk melalui Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan, Junifati Ziliwu didampingi Assiten I Basar Sibarani menyampaikan apresiasi atas rencana pengoperasionalan Dermaga Pelabuhan Sibolga tersebut.

“Kendala – kendala yang ada diluar pelabuhan sebagai tanggungjawab pemko Sibolga seperti jalan yang tidak representatif sekarang ini akan coba kita tingkatkan sehingga memenuhi standar kualitas. Kemudian kita juga nantinya akan menyosialisasikan terkait operasional pelabuhan kepada masyarakat pengguna jalan baik masyarakat Sibolga maupun yang datang dari luar Sibolga,” katanya.

Dia mengaku, tidak ada kendala untuk itu dan akan dikoordinasikan dengan pihak–pihak terkait sehingga operasional pelabuhan PT ASDP Sibolga nantinya bisa berjalan dengan baik.

Sekedar mengingatkan, dermaga pelabuhan PT ASDP dibangun kurang lebih sekitar enam tahun lalu, namun sampai 2012 tak kunjung dapat dioperasionalkan oleh sesuatu hal yang selama ini tidak diketahui.
()
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5935 seconds (0.1#10.140)