UKM Pekanbaru dikucuri AP II Rp657,5 juta

Jum'at, 29 Juni 2012 - 14:13 WIB
UKM Pekanbaru dikucuri AP II Rp657,5 juta
UKM Pekanbaru dikucuri AP II Rp657,5 juta
A A A
Sindonews.com - PT Angkasa Pura II (Persero) melalui Kantor Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Riau, mengucurkan dana sebagai program kemitraan sebesar Rp657,5 Juta kepada 38 mitra binaan UKM Pekanbaru.

General Manager PT Angkasa Pura II Cabang Bandara Sultan Syarif Kasim II Anggono Raras mengatakan bahwa dana yang diserahkan tersebut diperuntukkan sebagai bantuan modal pengembangan usaha mitra.

"Ini program penyaluran tahap I untuk tahun 2012, dari jumlah total anggaran yang kami persiapkan sebesar Rp1,9 miliar. Targetnya pengusaha-pengusaha kecil dan menengah yang menjadi binaan kami," ungkap Anggono dalam keterangan tertulisnya, Jumat (29/6/2012).

Anggono menambahkan, bantuan modal yang disalurkan tersebut merupakan pinjaman lunak tanpa agunan dengan besaran bunga pinjaman lebih kecil dari bunga pinjaman umum yang diberikan oleh institusi perbankan.

"Kalau melalui bank, bunganya bisa mencapai 12 persen atau lebih, sementara pinjaman lunak melalui program ini hanya sebesar enam persen, karena targetnya adalah mempercepat pengembangan usaha bagi para pengusaha kecil dan menengah," jelasnya.

Jumlah besaran pinjaman yang disalurkan, berkisar antara Rp5 Juta hingga Rp40 Juta per pengusaha. Sementara besaran pemberian pinjaman tersebut bergantung pada jenis usaha yang dijalankan serta kesanggupan pengusaha dalam melakukan pengembalian, yang diperkuat oleh hasil survey kelayakan usaha.

Besaran dana pinjaman dari tiap pengusaha bisa ditingkatkan jika proses pelunasan dilakukan secara rutin dan tepat waktu oleh pengusaha. Anggono menambahkan, besaran bantuan program kemitraan yang disalurkan Bandara SSK II terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

"Alhamdulillah, sudah banyak mitra binaan kami yang berkembang pesat. Contohnya, ada yang pada awal-awalnya dia berjualan pakai gerobak dengan omzet Rp100 ribu per hari, sekarang sudah punya toko permanen dengan anak buah lebih dari 10 orang dengan omzet hingga Rp2 Juta per hari," tutup Anggono.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6489 seconds (0.1#10.140)