Saham MNC Sky Vision dibidik investor asing

Kamis, 05 Juli 2012 - 10:02 WIB
Saham MNC Sky Vision dibidik investor asing
Saham MNC Sky Vision dibidik investor asing
A A A
Sindonews.com - PT MNC Sky Vision melakukan road show internasional ke berbagai negara, antara lain Singapura, Hong Kong, Inggris, dan Amerika Serikat dalam rangka proses penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO).

“Periode book buildinginternasional telah ditutup dengan hasil sangat positif dan perseroan telah menandatangani dokumentasi penjaminan emisi dengan para penjamin emisi dengan harga saham IPO ditetapkan pada harga Rp1.520 per saham,” ujar Direktur Utama PT MNC Sky Vision Rudy Tanoesoedibjo dalam keterangan tertulisnya kemarin.

Dia mengatakan,minat dari para calon investor selama road show ini sangatlah positif dan perseroan tengah dalam proses menyelesaikan langkah terakhir untuk menjadi perusahaan publik. Dengan kondisi pasar saham saat ini, lanjutnya, perseroan sangat menghargai minat dan kepercayaan yang ditunjukkan oleh para calon investor kepada perseroan.

“Kami menyambut gembira akan tanggapan positif yang diberikan oleh para calon investor tersebut.Kami yakin,ke depannya perseroan akan terus berkembang dan mengukuhkan posisinya sebagai pemimpin di industri TV berlangganan di Indonesia,”paparnya. Analis Semesta Indovest M Sugiarto menilai,tertariknya investor asing membeli saham perdana PT MNC Sky Vision Tbk disebabkan oleh pangsa pasar perseroan yang berorientasi domestik.

Di sisi lain,pertumbuhan kelas menengah di Indonesia terus meningkat seiring dengan pendapatan per kapita.Dengan begitu, kinerja perseroan tidak memiliki kaitan langsung dengan ekonomi dunia yang masih labil. Dia mengungkapkan,melalui tiga merek televisi berlangganan yakni Indovision,Top TV, dan OkeVision,perseroan menjadi leaddalamsektorindustritelevisi berbayar.

Ketiga produk tersebut menawarkan program televisi lokal dan internasional yang disiarkan langsung ke rumahatautempatusahapelanggan melalui transponder S-band dengan menggunakan satelit Indostar- II.“Market share-nya tertinggi di Indonesia.Jadi,prospeknyamasihsangatbagus,” tuturdia. Selain itu, jumlah pelanggan perseroan juga diyakini akan terus bertambah. Per kuartal I/2012 perseroan memiliki pelanggan 1,26 juta.

Sedangkan, target 2012 mencapai 1,7-1,8 juta pelanggan.Pada tahun ini perseroan berencana menambah 22 kantor cabang baru menjadi 80 kantor cabang. Direktur MNC Securities Tien menambahkan, hasil sementara penawaran penjatahan pooling PT MNC Sky Vision adanya kelebihan permintaan (oversubscribe).“Hasil pastinya belum diketahui. Masih dalam perhitungan.

Tapi,pastinya terjadi kelebihan permintaan,”tutur dia saat dihubungi kemarin. PT MNC Sky Vision berencana melepas sebanyak-banyaknya 847.666.000 saham biasa atas nama serta 565.110.000 saham biasa atas nama milik PT Bhakti Investama Tbk (BHIT) sebagai pemegang saham penjual yang ditawarkan kepada masyarakat. Total saham yang dilepas sebanyak 1.412.776.000 saham biasa dengan nilai nominal Rp100.

Rudy mengungkapkan, sekitar 70 persen dana hasil IPO yang akan diterima oleh perseroan akan dipergunakan untuk belanja modal, yakni membeli peralatan penyiaran seperti dekoder, antena, kartu tayang, dan peralatan penunjang penyiaran lainnya. Adapun, 20 persen dana hasil IPO tersebut untuk melunasi pinjaman kepada PT Global Mediacom Tbk Rp170 miliar dan Bank BRI Tbk Rp50 miliar, sementara 10 persen untuk modal kerja perusahaan.
(and)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5476 seconds (0.1#10.140)