IPO Wika Beton paling cepat 2013

Senin, 16 Juli 2012 - 20:11 WIB
IPO Wika Beton paling cepat 2013
IPO Wika Beton paling cepat 2013
A A A
Sindonews.com - PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) memperkirakan, penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO) anak usahanya, PT Wika Beton paling cepat bisa direalisasikan pada semester II tahun depan. Hal tersebut menunggu tuntasnya pembangunan pabrik kesembilan Wika Beton.

“Wika Beton harus menuntaskan dulu investasi-investasi yang mau mereka lakukan untuk memperbesar skala dan kapasitas usahanya,” kata Sekretaris Perusahaan WIKA Natal Argawan Pardede di sela acara Workshop Aset BUMN di Jakarta Convention Center (JCC).

Lebih lanjut Natal menjelaskan, Wika Beton saat ini telah menuntaskan pembangunan pabrik beton di Karawang, Jawa Barat untuk mendukung pembangunan jalan nontol di Jakarta.

Di samping itu, Wika Beton juga telah mendirikan anak usaha bernama PT Wijaya Karya Komponen Beton (Wika Kobe).

Saat ini, Wika Beton juga sedang fokus menyelesaikan investasi pabrik kesembilan senilai Rp150 miliar di Kalimantan Timur. “Sekarang sedang mencari lahan. Kalau lahan diperoleh saat ini dan pengerjaan bisa segera dilakukan, maka pabrik bisa selesai pada pertengahan tahun ini,” imbuh dia.

Selesainya pabrik kesembilan tersebut akan meningkatkan kapasitas beton perseroan dari posisi saat ini 1,8 juta ton per tahun menjadi 2 juta ton per tahun. Total kapasitas pabrik beton milik perseroan akan menjadikan Wika Beton menjadi produsen beton terbesar di Asean.

Adapun, alasan perseroan untuk melepas sebagian saham Wika Beton ke publik dalam rangka perluasan skala usaha. “Kalau kapasitas sudah 2 juta ton, barulah kita pikirkan IPO. Jadi, mereka selesaikan investasi terlebih dahulu,” ujar Natal.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8374 seconds (0.1#10.140)