INSA desak surat konsesi proyek Kalibaru dikeluarkan

Selasa, 14 Agustus 2012 - 15:27 WIB
INSA desak surat konsesi proyek Kalibaru dikeluarkan
INSA desak surat konsesi proyek Kalibaru dikeluarkan
A A A
Sindonews.com - Mendesaknya volume petikemas di pelabuhan tanjung priok, yang harus segera ditangani. Indonesian National Shipowners Association (INSA), mendesak pemerintah segera mengeluarkan surat konsesi sebagai tindak lanjut pengembangan Kalibaru atau New Priok.

Ketua umum Insa, Carmelita Hartoto menegaskan, seiring pesatnya perkembangan kapal nasional maupun asing yang singgah di pelabuhan tanjung priok, menuntut Indonesia Port Corporation atau IPC, sebagai pengelola pelabuhan, untuk segera mengembangkan infrastruktur, seperti memperluas lapangan petikemas, agar stagnasi di pelabuhan dapat diminimalisir.

Menurutnya, biaya logistik di pelabuhan yang dinilai mengeluarkan biaya tinggi. Setidaknya jika modernisasi pelabuhan di Priok segera dilaksanakan, dapat memberikan angin segar bagi pelayaran maupun industri logistik, seiring tersedianya infrastruktur lapangan petikemas.

"Di sisi lain perkembangan pelayaran yang pesat selama ini, juga tidak diimbangi percepatan atau modernisasi pelabuhan itu sendiri. Bagi kita pelabuhan lokomotif sebenarnya, penurunan logsitik, sedangkan armada kapal nyaris tidak ada masalah. Oleh karena itu sepakat menurunkan biaya logistik dan berharap pada pemerintah dan Pelindo untuk fokus memoderinasasi pelabuhan," papar Carmelita Hartoto di Jakarta, Selasa (14/8/2012).

Sementara itu, IPC sedang menunggu terbitnya surat konsesi proyek pengelolaan New Priok dari Kemenhub agar proyek tahap satu bisa terlaksana. Padahal pemenang tender konstruksi pengembangan New Priok sudah dimenangkan oleh PT PP (Persero).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1202 seconds (0.1#10.140)