Dinsosnakertrans Bantaeng siapkan Bursa Kerja Online

Jum'at, 31 Agustus 2012 - 07:15 WIB
Dinsosnakertrans Bantaeng siapkan Bursa Kerja Online
Dinsosnakertrans Bantaeng siapkan Bursa Kerja Online
A A A
Sindonews.com - Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Bantaeng, Sulawesi Selatan, mulai menyiapkan bursa kerja secara online.

Menurut Kepala Bidang Tenaga kerja, Dinsosnakertrans Bantaeng Syahrul Bayan, saat ini perangkatnya sudah ada. Hanya saja, koneksi jaringan ke Kemenakertrans, belum berfungsi dengan baik. “Perangkat Bursa Kerja Online (BKOL) itu sudah siap di ruang pelayanan Dinsosnakertrans Bantaeng,” jelas Syahrul, saat dihubungi via ponselnya, kemarin.

Lebih lanjut, kata mantan Kabag Humas Pemkab Bantaeng itu, dengan perangkat tersebut, para pencari kerja bisa mencari pekerjaan secara online melalui situs www.infokerja.depnakertrans.go.id. Selain itu, tidak hanya pencari kerja, perusahaan yang akan mencari tenaga kerja juga bisa mengumumkan lowongan kerjanya melalui BKOL tersebut.

Meski belum berfungsi maksimal, untuk saat ini, pihak Dinsosnakertrans masih bisa melayani para pencari kerja secara manual. Menurutnya, para pencari kerja itu dapat datang langsung ke ruang pelayanan Dinsosnakertrans Bantaeng. “Kami sudah menyiapkan empat perangkat komputer yang digunakan untuk mempersiapkan bursa kerja online itu,” ujar dia.

Khusus untuk pencari kerja yang akan mencari kerja keluar negeri, lanjut Syahrul, pihaknya juga telah menyediakan fasilitas Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri (SISKOTKLN). Satu unit perangkat komputer disediakan untuk layanan ini.

Dia mengatakan, layanan ini memungkinkan terjalinnya hubungan informasi antara pihak Dinsosnakertrans dengan tenaga kerja bersangkutan meskipun berada di luar negeri. “Dengan sistem ini, maka semua proses dokumentasi tenaga kerja indonesia (TKI) asal Bantaeng dapat dilakukan secara online,” tandas Syahrul.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9841 seconds (0.1#10.140)