Yogyakarta terima Keuangan Award

Rabu, 12 September 2012 - 07:30 WIB
Yogyakarta terima Keuangan Award
Yogyakarta terima Keuangan Award
A A A
Sindonews.com - Pemerintah kota (Pemkot) Yogyakarta pada tahun ini kembali menerima keuangan award dari pemerintah pusat. Wakil Presiden (Wapres) Budiono menyerahkan langsung award tersebut kepada walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti saat rapat kerja nasional (Rakernas) bidang keuangan di kementerian keuangan (Kemenkeu), Jakarta, Selasa (11/9) kemarin.

Kepala bagian (Kabag) Humas dan Informasi Pemkot Yogykarta Yunianto Dwisutono mengatakan dasar pemerintah pusat memberikan penghargaan ini, selain Yogyakarta dinilai tertib dan transparan dalam laporan keuangan, dalam laporan keuangan kementrian negara/lembaga (LKKL) maupun laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2011, juga mendapatkan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK. “Ini tentunya merupakan prestasi dan kebanggaan warga Yogyakarta,” kata Yunianto, kemarin.

Menurut Yunanto penghargaan tahun ini bagi pemkot Yogyakarta merupakan penghargaan untuk yang ketiga kali secara berturut-turut. Sebab sebelumnya pada tahun 2009 dan 2010 untuk laporan keuangan pemkot Yogyakarta juga mendapatkan penghargaan dan pada tahun 2011 kembali mendapatkan pengharagaan yang sama.

Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti menambahkan dengan penghargaan ini, bukan berarti jajaran pemkot boleh berpangku tangan, justru sebaliknya harus terus meningkatkan kinerja, terutama dalam memberikan pelayanan dan transparansi dalam penyelenggaraan pemkot kepada publik. Sehingga predikat WTP tetap dapat terjaga. Apalagi WTP menjadi salah satu standart pengelolaan tata kelola keuangan bagi pemerintah daerah.

“Karena itu, penghargaan ini harus menjadi tanggung jawab jajaran pemkot, baik dalam menjaga maupun peningkatan kinerja,” harapnya.

Haryadi menjelaskan pembuatan lapoaran keuangan sendiri merupakan salah satu bentuk transparansi dan menjadi syarat akuntabilitas, terutama keterbukaan terhadap pengelolaan sumberdaya publik. Dimana transparansi itu bisa dilakukan jika ada kejelasan tugas dan kewenangan.

“Untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara, maka proses perencanaan pelaksanaan anggaran harus matang dan jelas sejak awal,” paparnya.

Selain itu, guna mewujudkan laporan keuangan yang beropini WTP untuk laporan keuangan tahun 2012, selain harus selalu ada peningkatan dalam pengelolaan keuangan, sinergitas dan dukungan dari para pemangku kepentingan sangat diperlukan. Apalagi WTP merupkan penilaian penghargaan sebuah kinerja.

“Atas prestasi ini, saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran pemkot yang terus berusaha mempertahankan penghargaan sampai yang ketiga kalinya, dan semaksimal mungkin akan terus mempertahankannya, yakni dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” janjinya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4854 seconds (0.1#10.140)