Pemerintah akui pengelolaan kelautan belum maksimal

Kamis, 04 Oktober 2012 - 12:18 WIB
Pemerintah akui pengelolaan kelautan belum maksimal
Pemerintah akui pengelolaan kelautan belum maksimal
A A A
Sindonews.com - Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.508 pulau dan memiliki garis pantai sepanjang kurang lebih 95.000 km, Indonesia memiliki kekayaan laut yang sangat besar.

“Sumber daya kelautan kita ini ‘raksasa tidur’,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kamis (4/10/2012).

Namun Sharif mengakui bahwa pengelolaan sumber daya kelautan belum maksimal. Untuk memaksimalkan potensi kelautan Indonesia ini, KKP sejak beberapa bulan lalu telah mencanangkan konsep ekonomi biru.

Salah satu upaya pelaksanaan konsep ekonomi biru adalah reklamasi pesisir dan pulau-pulau kecil yang diharapkan dapat memberikan manfaat sumber daya lahan baik secara lingkungan maupun sosial ekonomi.

Sharif mencontohkan reklamasi Pulau Nipah akhir 2008 lalu yang memberikan manfaat cukup penting dalam pengembangan kegiatan ekonomi di Pulau Nipah, Provinsi Kepulauan Riau. “Tujuan ekonomi biru ini adalah menggali potensi sekaligus menjaga ekosistem kelautan kita,” tegas Sharif.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1044 seconds (0.1#10.140)