Pemerintah jamin beras impor aman dikonsumsi

Rabu, 10 Oktober 2012 - 19:19 WIB
Pemerintah jamin beras impor aman dikonsumsi
Pemerintah jamin beras impor aman dikonsumsi
A A A
Sindonews.com - Menanggapi adanya isu yang beredar bahwa beras impor asal Thailand mengandung arsenik, Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjamin bahwa beras impor yang masuk ke Indonesia telah aman untuk dikonsumsi.

Disingung mengenai isu beras impor dari Thailand yang mengandung zat berbahaya tersebut, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Deddy Saleh mengaku belum mengetahuinya.

"Itu (beras mengandung arsenik) sampai saat belum saya dengar. Belum pernah saya menerima laporan adanya beras mengandung arsenik karena sudah lama kita tidak impor beras dari Thailand," ujar Deddy Saleh di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (10/10/2012).

Kendati demikian, pihaknya menjamin bahwa beras yang tidak aman untuk dikonsumsi tidak akan bisa masuk ke Indonesia. "Nanti beras yang diimpor akan diverifikasi oleh surveyor kita. Pasti akan terdeteksi kalau ada beras yang mengandung kandungan berbahaya seperti itu," tegasnya.

Beberapa waktu lalu, Peneliti Balai Besar Tanaman Padi Kementerian Pertanian, Bram Kusbiantoro mengumumkan dugaan adanya kandungan arsenik pada beras Thailand. Penelitian yang dilakukan Consumer Reports di Amerika Serikat pun menyatakan hal serupa, meski kandungan arsenik pada beras Thailand tersebut masih dianggap belum membahayakan tubuh.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8848 seconds (0.1#10.140)