OJK : Konsumen miliki posisi tawar tinggi

Kamis, 18 Oktober 2012 - 11:21 WIB
OJK : Konsumen miliki posisi tawar tinggi
OJK : Konsumen miliki posisi tawar tinggi
A A A
Sindonews.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengingatkan, konsumen memiliki posisi tawar dalam melakukan transaksi keuangan. Apapun alasannya, menurut dia, konsumen selalu memiliki posisi yang tinggi karena untuk melindungi kepentingannya.

"Dalam kegiatan berkeuangan (konsumen) akan lebih tinggi posisi tawarnya dalam bertransaksi dan melindungi kepentingannya," kata Muliaman pada acara Sarasehan Pesan Otoritas Jasa Keuangan dalam Meningkatkan Edukasi dan Perlindungan Konsumen Jasa Keuangan di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (18/10/2012).

Karena itu, dia melanjutkan, konsumen harus mengetahui fungsinya agar lebih paham dan juga dapat mempertahankan hak dari posisinya.

Langkah ini, kata Muliaman, termasuk dalam rencana OJK untuk menyiapkan strategi besar dalam memberikan edukasi dan perlindungan konsumen jasa keuangan. Dia menyebutkan, dua langkah ini akan mendekati dua aspek penting, pertama pencegahan dan penyelesaian masalah yang terjadi ketika melakukan transaksi keuangan.

"Jadi ini perpaduan yang serasi dan seimbang. Kita didik masyarakat, kita bangun resolusi, dan kita bisa meminimalisasi, isu pada masa yang akan datang," jelasnya.

Rencannya, OJK akan membuat satu desain edukasi dan perlindungan konsumen yang ditargetkan akan selesai di akhir tahun 2012. Desain ini nantinya akan mengatur dan mengidentifikasi isu perlindungan konsumen di masyarakat.

"Paling tidak akhir tahun ini, makin clear desain edukasi dan perlindungan konsumen bisa terwujud, terutama isu di pasar modal, mengingat OJK efektif mulai 1 Januari 2013," pungkasnya.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)