IHSG mixed meski ramai sentimen

Selasa, 23 Oktober 2012 - 08:29 WIB
IHSG mixed meski ramai sentimen
IHSG mixed meski ramai sentimen
A A A
Sindonews.com - Indeks Harga Saham Gabungan pada hari ini diproyeksikan akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah. Dengan kisaran support-resistance 4.315-4.350.

"Meski demikian kami melihat penurunan indeks dapat dimanfaatkan untuk antisipasi kinerja emiten kuartal III-2012," kata Research Analis Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, Selasa (23/10/2012).

Di sisi lain beberapa berita negatif dari eksternal tampak membayangi gerak bursa regional antara lain laporan keuangan emiten besar di AS dan data perumahan yang lebih rendah dari estimasi serta meeting pemimpin negara Eropa tidak berhasil sepakat terkait bantuan untuk Spanyol.

"Selain dari AS dan Eropa, pergerakan bursa regional Asia juga diwarnai oleh anjloknya data ekspor Jepang. Penurunan kali ini merupakan terbesar pasca gempa dan tsunami yang melanda negeri tersebut beberapa tahun silam," kata Purwoko.

Namun, Kepala Riset MNC Securities, Edwin Sebayang, menilai jatuhnya harga komoditas dalam perdagangan senin serta kuatnya pertumbuhan laba bersih beberapa emiten dalam laporan keuangan kuartal III akan mendorong IHSG terus menguat.

Menurut dia, tajamnya rebound Dow Jones yang sempat turun tajam diatas 100 poin, kemudian recover dan akhirnya ditutup flat membawa setimen positif pada kinerja saham. "Selain itu naiknya saham raksasa Apple sebesar 4 persen ditutup pada harga USD634,03 yang diperkirakan akan merelease laporan keuangannya Kamis," katanya.

Sementara itu, Edwin menambahkan turunnya The CBOE Volatility Index sebesar 2.58 persen ditutup pada level 16,62 seiring earnings emiten di Wall Street yang mengalahkan proyeksi awal analis, menetralisir kekhawatiran akan pertumbuhan ekonomi dunia yg kemudian berpengaruh atas sales emiten.

"Emiten-emiten besar AS yg akan melaporkan earningsnya pada hari diantaranya, DuPont, 3M, United Technologies, UPS, Coach, Xerox, Facebook dan Netflix," tambahnya.

Sejauh ini sudah hampir 25 ppersen emiten yang tergabung dalam Indeks S&P 500 Amerika Serikat yang melaporkan Laporan Keuangan kuartal III-2012, dimana hampir 60 persen dari emiten membukukan earnings diatas estimasi para analyst. Sementara hanya sekitar 39 persen emiten membukukan penjualan atau pendapatan diatas estimasi para analis.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5922 seconds (0.1#10.140)