DIY siap geser anggaran APBD

Senin, 29 Oktober 2012 - 17:21 WIB
DIY siap geser anggaran APBD
DIY siap geser anggaran APBD
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Daerah (Pemda) DIY siap lakukan penggeseran mata anggaran yang disusun di Rencana APBD 2013 yang sedang dibahas bersama DPRD untuk memasukan anggaran dana keistimewaan. Kebijakan yang diambil adalah memindahkan anggaran yang telah disusun di APBD jika kegiatannya juga dianggarkan oleh dana keistimewaan.

Hanya saja saat ini setelah APBN 2013 disahkan dan disebutkan mencantumkan keberadaan dana keistimewaan sebesar Rp500 miliar, Pemda DIY mengaku belum memiliki guidline jelas kegiatan apakah yang bisa dibiayai dengan dana tersebut.

"Kamis kita baru akan ke Jakarta untuk mengkonsultasikan kepastian apakah yang bisa dilakukan dengan dana keistimewaan," tandas Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset (DPPKA) DIY Bambang Wisnu Handoyo kepada wartawan di Yogyakarta, Senin (29/10/2012).

Mempertimbangkan teknis proses pembahasan APBD 2013, Bambang menilai, masih ada waktu untuk memasukan pembahasan kegiatan dana keistimewaan bersama DPRD. Pembahasan anggaran bersama lima komisi di DPRD disebutkannya menjadi momentum pas untuk memasukan tambahan agenda pembahasan dana keistimewaan.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD DIY Istianah ZA mengatakan, masih cukup banyak waktu yang tersedia untuk membahas APBD 2013. Termasuk untuk menambah agenda pembahasan dengan memasukan anggaran dana keistimewaan.

Sisa waktu yang disebutkan akan berfungsi optimal, asal pembahasan di tingkat komisi dapat berlangsung secara maraton. "Asal komitmen temen-temen dan eksekutif terjaga, pembahasan secara maraton tidak akan menjadi masalah," tandasnya.

Disinggung mengenai belum adanya petunjuk teknis penggunaan dana keistimewaan, menurut Politikus PAN tersebut, dana keistimewaan 2013 bersifat transisional. Sehingga belum membutuhkan naskah grand disain maupun perda istimewa sebagai guide line pelaksanaan.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9032 seconds (0.1#10.140)