Latinusa optimistis kinerja kuartal IV membaik

Kamis, 08 November 2012 - 18:41 WIB
Latinusa optimistis kinerja kuartal IV membaik
Latinusa optimistis kinerja kuartal IV membaik
A A A
Sindonews.com - PT Pelat Timah Nusantara Tbk (Latinusa) mengaku optimistis akan meningkatkan kinerja di kuartal IV hingga tahun depan, yang akan didukung peningkatan kapasitas pabrik yang memproduksi dari 130 ribu ton menjadi 160 ribu ton per tahun.

Perseroan meyakini akan memperbaiki kinerja keuangan mereka yang mengalami penurunan pada kuartal tiga tahun ini. Hal ini dapat dilihat dari penurunan penjualan dari Rp998 miliar di kuartal tiga tahun lalu menjadi Rp958 miliar di periode sama tahun ini.

Direktur Komersial Latinusa Suprapto menjelaskan, jika penurunan nilai jual tersebut akibat adanya penurunan harga jual secara global. Tren penurunan tersebut terpaksa diikuti demi mempertahankan pelanggan.

"Penjualan bersih kami menurun 4 persen dari tahun lalu akibat harga jual internasional yang menurun," ujar Suprapto dalam paparan publik di Jakarta, Kamis (8/11/2012).

Suprapto menjelaskan, perseroan telah merampungkan peningkatan kapasitas pabrik untuk meningkatkan produksi. Peningkatan kapasitas ini menghabiskan investasi sebesar Rp190 miliar, yang dimulai sejak tahun lalu."Pabrik tersebut akan bekerja secara komersial di awal tahun depan," ujar Suprapto.

Dengan adanya penambahan kapasitas produksi, mereka berharap akan dapat menurunkan biaya, sehingga meningkatkan keuntungan. Pada kuartal III/2012, perseroan berhasil meningkatkan pangsa pasar dari 48 persen di kuartal tiga tahun lalu menjadi 53 persen di periode ini.

Hal ini membuat Latinusa mengurangi nilai produk impor dari 88,3 ribu ton di kuartal tiga tahun lalu menjadi 71,9 ribu ton di periode sama tahun ini. Sementara Presiden Direktur Latinusa Ardhiman T.A mengaku, mereka menargetkan akan menjadi market leader dan price leader di dalam negeri.

Hal ini dikarenakan Indonesia merupakan pasar utama di kawasan."Kami ingin menjadi tuan rumah di negeri sendiri," ujar Ardhiman dalam kesempatan yang sama.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8833 seconds (0.1#10.140)