WOM Finance targetkan pembiayaan baru Rp7 T

Minggu, 25 November 2012 - 19:46 WIB
WOM Finance targetkan pembiayaan baru Rp7 T
WOM Finance targetkan pembiayaan baru Rp7 T
A A A
Sindonews.com - PT Wahana Ottomitra Multiartha Tbk (WOM Finance) menargetkan meraih dana pembiayaan baru (booking) senilai Rp7 triliun hingga akhir tahun ini. Emiten pembiayaan sepeda motor ini sudah membukukan dana booking senilai Rp6 triliun per Oktober tahun ini, turun 7 persen dari periode sama tahun lalu.

Presiden Direktur WOM Finance Djaja Suryanto Sutandar mengatakan, penurunan dana booking tersebut akibat penjualan sepeda motor nasional yang menurun akibat aturan minimum down payment (DP/uang muka). Aturan tersebut membuat DP minimal kredit (loan to value/LTV) konvensional menjadi 30 persen.

Dampaknya ialah naiknya segmen pembiayaan berbasis syariah. "Pembiayaan syariah kami naik menjadi 80 persen dari total pembiayaan," ujar Djaja akhir pekan lalu di Jakarta.

Dia mengatakan, para konsumen saat ini mulai beralih kepada pembiayaan syariah karena bisa lebih murah. Sementara itu, perseroan juga akan meningkatkan penjualan motor bekas dibandingkan dengan motor baru dari komposisi 23:77 menjadi 30:70 di tahun depan.

Hal itu karenamargin motor bekas bisa mencapai 6 persen, sedangkan motor baru hanya 2 persen. "Penjualan motor bekas dan pembiayaan syariah saat ini juga menguntungkan bagi kami," ujarnya.

Sementara Direktur Marketing WOM Finance Simon Tan Kiang Bing mengatakan, pada tahun depan perseroan membutuhkan pendanaan sebesar Rp8 triliun. Nantinya mereka akan melakukan joint financing dengan induk perusahaan PT Bank Intenasional Indonesia Tbk (BII).

BII akan menyalurkan Rp7,5 triliun, sedangkan sisanya kemungkinan diperoleh dari pasar modal, seperti obligasi ataupun medium term notes (MTN). "Kami mungkin akan menerbitkan obligasi atau MTN untuk tambahan pendanaan," ujar Simon dalam kesempatan yang sama.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4204 seconds (0.1#10.140)