Menkeu: Defisit NPI hanya sementara

Selasa, 04 Desember 2012 - 14:11 WIB
Menkeu: Defisit NPI hanya sementara
Menkeu: Defisit NPI hanya sementara
A A A
Sindonews.com - Tingginya defisit pada Neraca Perdagangan Indonesia (NPI) memang mengkhawatirkan. Padahal, pada dua bulan belakangan, NPI mencatatkan hasil positif. Meski begitu, defisit NPI ini masih dianggap wajar, karena kondisional.

Menteri Keuangan (Menkeu) Agus DW Martowardojo menilai defisit NPI yang diakibatkan tinggnya impor pesawat terbang bukan sesuatu yang mengkhawatirkan. Menurutnya, impor pesawat bukan sesuatu yang rutin dilakukan.

"Kita yakini itu akan kembali, kita berusaha jaga agar jangan sampai terjadi defisit pada neraca perdagangan, tapi ini adalah bentuk daripada reminder bahwa kegiatan ekspor harus terus dikembangkan," kata dia, kala ditemui di Kantor Pajak, Jakarta, Selasa (4/12/2012).

Agus Marto menambahkan, impor pesawat terbang ini masih akan terjadi, lantaran saat ini Lion air telah memesan 20 unit, namun baru datang lima unit. "Nanti tentu akan ada kajian tentang posisi impact daripada impor trhadap ekspor itu. Tapi yang utama kita nanti akan tingkatkan lagi," katanya.

Dia melanjutkan, saat ini era pasar bebas dan terbuka sudah dimulai. Oleh karena itu, Indonesia harus siap dalam kompetisi produk-produk. "Saya melihat kalau kemarin ada defisit di neraca perdagangan yang mengakibatkan nilai akumulasi itu defisit ini betul-betul harus diperbaiki," jelas dia.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8037 seconds (0.1#10.140)