Jalan tol Gempol-Pasuruan butuh Rp2,7 T

Minggu, 09 Desember 2012 - 15:56 WIB
Jalan tol Gempol-Pasuruan butuh Rp2,7 T
Jalan tol Gempol-Pasuruan butuh Rp2,7 T
A A A
Sindonews.com - Untuk memperlancar transportasi dan memacu pertumbuhan ekonomi, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) akan membangun Jalan Tol Gempol-Pasuruan sepanjang 34 kilometer (km).

Penandatanganan kontrak antara Jasa Marga dan pihak pelaksana akan segera direalisasikan pada Januari 2013 dan memakan dana sebesar Rp2,7 triliun selama tiga tahun. Kesepakatan telah dilakukan antara Jasa Marga melalui anak perusahaanya yang merupakan badan usaha tol Gempol-Pasuruan, PT Trans Marga dengan PT Adhi Karya dan PT Waskita Karya yang bertindak sebagai pelaksana akan membangun akses Jalan Tol Gempol-Pasuruan.

“Pembangunan tol sepanjang 34 kilo meter ini akan di laksanakan pada bulan Januari 2013,” kata Dirut Jasa Marga Adityawarman di Probolinggo.

Pembangunan tol sepanjang 34 km ini akan dibagi dalam tiga seksi, dengan memakan waktu tiga tahun. Untuk pembangunan tol seksi pertama, Gempol-Rembang sepanjang 13 km, pelaksanaanya pada Januari 2013 dan ditargetkan akan selesai tahun 2014. Sebulan setelah pembangunan fisik selesai, tol ini akan bisa di fungsikan.

Selanjutnya pada tahun berikutnya, pembangunan tol seksi kedua Rembang-Kota Pasuruan dan seksi ketiga Pasuruan sampai Grati. Pendanaan jalan tol ini akan berasal dari Trans Marga sebanyak 30 persen, dan sisanya dari dana bank sindikasi seperti Bank Jatim, BRI dan Bank Mandiri.

Konsep dari jalan tol ini adalah konsep go green yang ramah lingkungan. Hal ini dilakukan untuk menekan tingkat polusi udara emisi kendaraan. Caranya, di tol ini akan ditanam sebanyak 10 ribu pohon.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5229 seconds (0.1#10.140)