Hatta: Demi infrastruktur, BUMN bisa terbitkan obligasi

Selasa, 18 Desember 2012 - 11:21 WIB
Hatta: Demi infrastruktur, BUMN bisa terbitkan obligasi
Hatta: Demi infrastruktur, BUMN bisa terbitkan obligasi
A A A
Sindonews.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mengharapkan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk terjun dalam pembangunan infrastruktur. Pasalnya, jika hanya mengandalkan anggaran dari APBN infrastruktur tidak akan berkembang cepat.

Hatta menilai salah satu masalah dalam infrastruktur adalah sumber pendanaan. Untuk itu, menurutnya BUMN jangan ragu mengeluarkan obligasi sebagai pendanaan.

"Jangan ragu-ragu juga BUMN mengeluarkan obligasi," ungkap Hatta pada acara Indonesia Infrastructure Outlook 2013 di hotel Four Season, Jakarta, Selasa (18/12/2012).

Hatta mencontohkan India yang sukses membangun infrastruktur dari obligasi. Menurutnya, nilai dari obligasi akan cukup dalam pembangunan ini.

"India sukses bangun infrastruktur dengan obligasi, enggak bisa andalkan APBN. Kalau enggak mau cari sumber yang lain, Ya mandeg kita," jelasnya.

Menurutnya, dibutuhkan lebih dari Rp1.000 triliun dalam capaian ini. Seperti pembangunan double track, bandara udara, pelabuhan, jalan tol dan yang lainnya. "Maka seluruh strategi kita yang bersifat viber tak dibiayai oleh utang, kita dorong BUMN dan swasta," pungkasnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5239 seconds (0.1#10.140)