Wamen ESDM: Presdir Exxon rugikan Indonesia

Rabu, 02 Januari 2013 - 19:04 WIB
Wamen ESDM: Presdir Exxon rugikan Indonesia
Wamen ESDM: Presdir Exxon rugikan Indonesia
A A A
Sindonews.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rudi Rubiandini membenarkan adanya pemberhentian Presiden Direktur Exxon Mobile Indonesia Richard J Owen oleh Kepala Satuan Kerja Sementara Pelaksana Kegiatan USaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SK Migas) Jero Wacik.

Rudi menilai, sosok Richard J Owen tidak pro terhadap kepentingan nasional sehingga pencapaian produksi 1 juta barel tidak tercapai tepat pada waktunya. "Tidak pro nasional dia," ujar Rudi kepada wartawan di Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (2/1/2013).

Tidak hanya itu, kata Rudi, kinerja Exxon cukup mengecewakan karena mundurnya berbagai proyek yang dilakukan Exxon Mobile. "Fasilitas produksi awal (Early Production Facilities/EPF) tidak jadi," tegas Rudi.

Sebelumnya, SK Migas menyatakan telah memberhentikan Presiden Direktur Exxon Mobile Indonesia Richard J Owen. Pemberhentian tersebut disebabkan karena penjualan blok Arun yang dibatalkan oleh perusahaan asal Amerika Serikat tersebut.

"Iya itu diganti, ada kaitannya dengan rilisnya Arun enggak jadi. Kemarin kan Exxon bilang mau jual aset Arun Blok B, tetapi setelah banyak perusahaan domestik nasional yang mau, dibatalin lepas asetnya," ujar Kepala Divisi Humas SK Migas Hadi Prasetyo.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0706 seconds (0.1#10.140)