Bangun infrastruktur, PIP pinjami Sulsel Rp500 M

Kamis, 03 Januari 2013 - 15:46 WIB
Bangun infrastruktur, PIP pinjami Sulsel Rp500 M
Bangun infrastruktur, PIP pinjami Sulsel Rp500 M
A A A
Sindonews.com - Pusat Investasi Pemerintah (PIP) memberikan pinjaman senilai Rp500 miliar kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel). Perjanjian pinjaman ini ditandatangani bersama Kepala PIP, Soritaon Siregar dan Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo kahir pekan kemarin.

Pemberian pinjaman kepada Pemprov Sulsel ini ditujukan untuk pembangunan 11 ruas jalan dan jembatan. Pinjaman ini diberikan dengan jangka waktu 5 (lima) tahun dan masa tenggang pembayaran pokok (grace periode) 16 bulan. Bunga pinjaman sebesar 7,75 persen efektif per tahun.

"PIP memahami situasi yang dihadapi Pemprov Sulawesi Selatan yakni terdapatnya disparitas antar wilayah yang diakibatkan oleh rendahnya aksessibilitas serta permasalahan pemasaran produksi pertanian dan perkebunan. Hal tersebut disebabkan oleh kondisi jalan yang sudah mengalami penurunan kinerja/indeks tingkat pelayanan (itp). Adapun peningkatan dan pengembangan jalan akan memberikan manfaat terhadap masyarakat dan pertumbuhan ekonomi regional," jelas Soritaon dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/1/2013).

Jaringan jalan yang akan dibangun ini melintasi kawasan strategis dan daerah yang memiliki potensi/komoditas unggulan serta dilintasi trayek angkutan umum.

Proses penilaian atas kelayakan pinjaman ini dilaksanakan bertahap oleh PIP mengacu pada kemampuan keuangan daerah, agar tidak membebani Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang bisa berdampak pada program Pemprov Sulsel dalam pembangunan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain melakukan analisa terhadap kelayakan proyek, PIP juga melakukan analisa atas 5C, yakni character, capacity, collateral, capital, dan condition of economy dalam penilaian kelayakan kredit investasi. Berdasarkan hasil analisa tersebut, PIP berpendapat permohonan pinjaman dari Pemprov Sulsel dapat dipenuhi.

Pinjaman ini merupakan pinjaman PIP yang ke-5 di wilayah Sulawesi, setelah sebelumnya memberikan pinjaman kepada Pemprov Sulawesi Tenggara untuk pembangunan RSUP Bahteramas (Rp190 miliar) dan jalan/jembatan (Rp130 miliar), Pemkot Palu untuk pembangunan RSU Tipe B Anutapura (Rp100 miliar), dan Pemkot Sulawesi selatan untuk pembangunan terminal Dungingi (Rp35 miliar).
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7883 seconds (0.1#10.140)