IMF: Portugal tidak perlu restrukturisasi utang

Sabtu, 05 Januari 2013 - 19:52 WIB
IMF: Portugal tidak perlu restrukturisasi utang
IMF: Portugal tidak perlu restrukturisasi utang
A A A
Sindonews.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menyatakan, Portugal tidak perlu restrukturisasi utang karena program bailout negara tersebut sudah berjalan baik.

Dilansir media mingguan Portugal, Expresso, Sabtu (5/1/2013), Ketua IMF Christine Lagarde mengatakan, pihaknya yakin Portugal tidak akan mengikuti jejak Yunani terjebak dalam putaran resesi ekonomi.

Tercatat, Uni Eropa dan IMF telah memberikan bantuan dana sebesar 78 miliar euro (USD102 miliar) pada 2011. Para pemberi pinjaman memuji negara tersebut berhasil memenuhi persyaratan yang diberikan. Portugal saat ini berusaha bangkit setelah mengalami resesi terdalam sejak 1970-an.

"Para pemimpin di Portugal telah berjuang melakukan apa yang diperlukan untuk menyelesaikan program dalam memperoleh kembali akses pasar," ujar Lagarde.

Dia berharap, pihaknya kembali menyetujui pinjaman, setelah review keenam yang dilakukan pada musim gugur. "Pemerintah Portugal sangat berani dan tegas dalam menerapkan reformasi walau sulit dan menyakitkan," kata Lagarde.

Beberapa ekonom berpendapat, Portugal kemungkinan akan memperpanjang kesepakatan pinjaman tahun ini, untuk pembiayaan pasar obligasi pada kuartal ketiga.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9009 seconds (0.1#10.140)