Employer branding dan optimalisasi pemasaran

Minggu, 06 Januari 2013 - 11:03 WIB
Employer branding dan optimalisasi pemasaran
Employer branding dan optimalisasi pemasaran
A A A
Jika Anda seorang yang sedang mencari pekerjaan di suatu perusahaan, kira-kira perusahaan seperti apa yang anda impi-impikan?

Salah satu kriteria perusahaan yang dicari-cari oleh pelamar kerja biasanya perusahaan yang mampu memberikan gaji dan tunjangan yang menarik, baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Namun, selain mengenai gaji atau tunjangan yang bagus, perusahaan yang banyak dicari pelamar kerja juga yang bisa mendukung perkembangan kemampuan diri ataupun yang mampu menjadi suatu tempat menyenangkan sekaligus “menjanjikan” baik dalam mengekspresikan jati diri yang lebih positif, serta tersedia pelatihan-pelatihan peningkatan kualitas individu secara lebih menyeluruh.

Bagi perusahaan, memiliki karyawan yang berkualitas, berkomitmen, berdedikasi, produktif, dan memiliki loyalitas tinggi tentu merupakan “aset” yang penting bagi perkembangan perusahaan pada masa datang. Salah satu yang bisa dilakukan suatu perusahaan, yaitu dengan employer branding. Menurut Brett Minchinton, employer branding didefinisikan sebagai “The image of your organisation as a ‘great place to work’ in the mind of current employees and key stakeholders in the external market”.

Untuk menciptakan suatu perusahaan yang benar-benar memiliki suatu image dan realitas yang positif, baik dari sudut pandang karyawan ataupun dari pihak luar (termasuk konsumen, calon konsumen), memang tidaklah mudah. Suatu upaya yang terus menerus serta terobosan yang dahsyat diperlukan.

Corporate culture yang diantaranya mampu mendukung tercipta suasana dan sistem kerja yang lebih efektif, menyenangkan, dan lebih produktif juga tentu diperlukan. Beberapa komponen penting tentang employer brand di antaranya: Optimalisasi komunikasi internal; Sistem pengukuran yang lebih akurat; Penghargaan dan sanksi; Manajemen tim; Budaya kepemimpinan; Lingkungan kerja; PA (performance appraisal). Mungkin Anda pernah menemukan beberapa orang yang dengan senang hati bercerita bahwa mereka merasa bangga, bahkan sangat bangga bisa menjadi bagian dari suatu perusahaan tempat mereka bekerja.

Atau, meskipun sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, sudah pindah kerja, atau pensiun, mereka tetap saja bangga dan mempunyai kesan dan kenangan tersendiri. Salah satu sebabnya adalah mereka merasakan ada sesuatu yang dahsyat di perusahaan tersebut yang terus mereka ingat, mereka merasa menemukan ‘great place to work’ . Bukan hanya gajinya yang bagus, melainkan juga jaminan kesejahteraan karyawan, sistem komunikasi yang mendukung baik antarkaryawan, antartim, ataupun karyawan dan pimpinan, dan seterusnya.

Ditambah lagi dengan berbagai fasilitas perusahaan yang mampu mendukung pengembangan SDM (sumber daya manusia) dan potensi diri menjadi lebih baik lagi. Hal itu pula yang saya lakukan di perusahaan atau bisnis yang saya miliki dan jalankan. Saya juga semakin semangat jika tim saya juga merasa senang dan senantiasa termotivasi (dari dalam dirinya sendiri) ketika melakukan aktivitasnya di kantor, hingga akhirnya mereka pun semakin kreatif dan produktif. Hal tersebut akan membantu dalam memperkuat citra perusahaan baik secara internal ataupun eksternal.

Untuk meningkatkan pemasaran atau peningkatan kemajuan perusahaan secara keseluruhan, yang diperlukan tentu bukan hanya aspek kepuasan pemilik perusahaan, para komisaris. Bukan pula hanya dengan kepuasan pelanggan akan produk atau jasa yang ditawarkan, melainkan juga dengan kepuasan para karyawannya. Karyawan bukan hanya merasa bangga bisa bekerja di perusahaan, melainkan juga merasa puas dengan apa yang mereka dapatkan dari perusahaan.

Dengan demikian, hal tersebut akan membantu pula dalam peningkatan kepercayaan diri karyawan/tim kita untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan. Karyawan juga bisa menjadi lebih berkembang dan lebih puas, begitu pula dengan perusahaan serta para konsumen atau client ataupun calon konsumen. Menciptakan suatu employer branding yang dahsyat memang harus dirancang dengan matang, dari sisi leadership, arah perusahaan yang jelas– baik mengenai visi ataupun misinya, sinergi teamwork, dan sebagainya.

Dukungan tim yang dahsyat serta memiliki fundamental yang lebih solid akan mampu menciptakan suatu sinergi yang lebih dahsyat baik dari sisi internal ataupun eksternal. Beberapa perusahaan besar di Indonesia ataupun di luar negeri telah mampu bertahan lama dan terus meningkat produktivitasnya serta real profitnya antara lain didukung oleh employer branding yang baik pula. Kita pun bisa memperkuat employer branding di perusahaan kita masing-masing dimulai dari berbagai hal yang terlihat sederhana, namun membawa perubahan yang dahsyat.

Salah satunya dengan memberikan reward and positive punishment yang lebih jelas, dan tentunya juga diimbangi dengan peningkatan kualitas karyawan. Antara lain dengan pelatihan-pelatihan yang berkualitas dan terukur, serta melibatkan karyawan untuk menjadi bagian penting dalam pencapaian target perusahaan. Salah satu tugas penting perusahaan lainnya, setelah berupaya memperkuat employer branding, juga harus melakukan berbagai terobosan agar para karyawan yang sudah menemukan ‘great place to work’ mampu lebih berkomitmen, memiliki dedikasi, loyalitas yang lebih baik dan tentu saja senantiasa semakin produktif.

Dengan demikian,mampu mendukung terciptanya suasana saling menguntungkan antara karyawan dan perusahaan. Karyawan juga bisa menjadi tim dan partner dalam kemajuan perusahaan. Hal itu mampu pula menguntungkan berbagai pihak yang terkait, baik secara langsung atau tidak, dengan perusahaan kita dan kepada para klien ataupun konsumen kita.

Dalam perkembangan selanjutnya, perusahaan kita merupakan perusahaan yang banyak dicari para calon karyawan yang berkualitas, sekaligus bisa menjadi perusahaan yang lebih banyak dicari para konsumen, klien, dan calon konsumen karena produk dan jasa yang ditawarkan juga semakin dahsyat. Anda sudah memiliki buku Marketing Revolution edisi cetak terbaru? Segera dapatkan sekarang juga di toko-toko buku terdekat atau hubungi 021-5476677 untuk pemesanan atau mendapatkan informasi lengkapnya. Jangan sampai kehabisan.

Untuk informasi buku Marketing Revolution, Financial Revolution, CD,VCD, dan seminar atau pelatihan yang saya adakan untuk meningkatkan kinerja pemasaran perusahaan Anda, bisa menghubungi nomor telepon 021-5476677 (hunting) atau SMS ke 0811-163-873 atau klik : www.dahsyat.com.

TUNG DESEM WARINGIN
Pelatih Sukses No. 1 Indonesia follow Twitter : twitter.com/tungdw
&
STEPHANUS P HARDJANTO
(TDW Senior Coach Partner) follow Facebook: www.facebook.com/stephanus.ph
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4318 seconds (0.1#10.140)