ECB diharapkan pangkas suku bunga

Rabu, 09 Januari 2013 - 20:59 WIB
ECB diharapkan pangkas suku bunga
ECB diharapkan pangkas suku bunga
A A A
Sindonews.com - Pertemuan dewan komite suku bunga European Central Bank (ECB) di Frankurt, Jerman, Kamis 10 Januari 2013, bisa menjadi momentum dalam mengatasi krisis utang di Uni Eropa. Para ekonom mengharapkan ECB kembali memangkas tingkat suku bunga.

Melihat kondisi perekonomian yang belum menampakan perbaikan, ECB tampaknya akan menurunkan kembali suku bunganya hingga terjadi perbaikan.

Seperti diketahui, Presiden ECB Mario Draghi telah melakukan sejumlah langkah tegas pada tahun pertama jabatannya, termasuk janji membantu negara yang terserang utang melalui pembelian obligasi via Outright Monetary Transactions (OMT), dan selanjutnya pemangkasan suku bunga.

"ECB telah membuat tekad bulat untuk melakukan apa yang diperlukan dalam mempertahankan euro. The OMT (Outright Monetary Transactions) menyediakan semua yang diperlukan untuk memenuhi komitmen tersebut," kata dewan ECB perwakilan Irlandia, Patrick Honohan, dikutip dari Reuters, Rabu (9/1/2013).

Survei ekonom, termasuk Dow Jones Newswires, mengharapkan ECB memotong suku bunga saat pembuat kebijakan mengeluarkan kebijakan pertama dalam pertemuan bulanan di Frankfurt, Jerman, pada 2013.

Pemangkasan suku bunga nantinya akan membuat tabungan ECB yang saat ini berada pada level nol menjadi negatif, sehingga hal itu mengakibatkan perusahaan yang menabungkan uangnya akan dikenai biaya.

Dengan keadaan itu, sementara ini bank-bank akan menaruh uangnya di tempat lain, dan para nasabah tabungan biasa akan lebih sedikit yang membiarkan uangnya menganggur di tabungan.

Diketahui sebelumnya, euro telah kehilangan tuah sejak awal tahun baru yang jatuh 0,9 persen versus dolar (EUR-USD) atau -0.19 persen diperdagangkan pada USD1,3069.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6422 seconds (0.1#10.140)