KKP genjot ekspor produk olahan rumput

Rabu, 16 Januari 2013 - 14:55 WIB
KKP genjot ekspor produk olahan rumput
KKP genjot ekspor produk olahan rumput
A A A
Sindonews.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus memacu ekspor produk-produk olahan rumput laut bernilai tambah dalam bentuk produk ATC (Alkali Treated Cotonii), SRC (Semi Refine Caraginan), dan RC (Refine Caraginan).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Sharif C.Sutardjo mengatakan, untuk memacu kinerja ekspor tersebut, KKP mendorong percepatan hilirisasi industri rumput laut.

"Langkah hilirisasi, akan berdampak pada penguatan struktur industri dalam negeri, peningkatan nilai tambah, perluasan lapangan kerja, terpenuhinya pasar dalam negeri serta meningkatnya ekspor olahan rumput laut," kata Sharif seperti dikutip dalam rilis Kementerin Kelautan dan Perikanan, Rabu (16/1/2013).

Sharif mengatakan, pengembangan dan penguatan industri rumput laut memiliki keunggulan komparatif tinggi, karena Indonesia memiliki sumber daya dan keragaman rumput laut yang melimpah.

Industrialisasi rumput laut tidak hanya sebatas meningkatkan devisa negara, tetapi juga memberikan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan bagi pembudidaya rumput laut yang umumnya merupakan masyarakat yang tinggal di wilayah pesisir.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2315 seconds (0.1#10.140)