Pasar pembiayaan bergairah, IBF disiapkan IPO

Rabu, 23 Januari 2013 - 13:43 WIB
Pasar pembiayaan bergairah, IBF disiapkan IPO
Pasar pembiayaan bergairah, IBF disiapkan IPO
A A A
Sindonews.com - PT Intraco Penta Tbk (INTA) mengaku telah siap mencatatkan anak perusahaannya, PT Intan Baruprana Finance (IBF) di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saat ini, emiten alat berat tersebut hanya menunggu waktu tepat untuk merealisasikan rencana penawaran umum saham perdana (initial public offering/IPO)anak usahanya tersebut.

"Kami sedang melihat waktu yang tepat, saat performance mereka baik baru kami melakukan IPO, kami hanya tunggu waktunya," terang Direktur Keuangan, Fred Lopez Manibog dalam Paparan Publik INTA di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/1/2013).

Sementara dalam kesempatan yang sama, Investor Relation INTA, Imam Liyanto menerangkan, rencana tersebut didasarkan pada prospek pembiayaan nasional yang masih terbuka lebar di masa mendatang.

"Sektor ini disukai investor, sangat positif. Tapi kita tunggu momentum (untuk IPO)," terang Imam.

Fred sempat mengatakan, ada dua hal yang menjadi pertimbangan perseroan untuk melaksanakan IPO anak usahanya itu, yakni kondisi pasar dan aset IBF.

Jika kondisi pasar dan ekonomi dalam negeri positif dan mendukung rencana perusahaan untuk melepaskan sebagian saham IBF ke publik pada tahun 2013, maka IPO paling cepat bisa dilakukan tahun ini. Sebaliknya, jika kondisi pasar dan ekonomi tidak mendukung untuk merealisasikan hal tersebut pada 2013, maka INTA selaku induk usaha IBF akan menunggu jumlah aset IBF mencapai Rp4-5 triliun.

Adapun, total aset IBF per kuartal III tahun lalu senilai Rp1,6 triliun. PT Intan Baruprana Finance merupakan anak perusahaan INTA yang bergerak di pembiayaan alat berat, dengan seluruh sahamnya dimiliki INTA.
(rna)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0149 seconds (0.1#10.140)