PLTS SEHEN Mandiri siap listriki Maluku

Kamis, 24 Januari 2013 - 14:52 WIB
PLTS SEHEN Mandiri siap listriki Maluku
PLTS SEHEN Mandiri siap listriki Maluku
A A A
Sindonews.com - Sekitar 436 desa di Propinsi Maluku hingga kini belum mendapatkan layanan listrik dari total 913 desa yang ada. Hal ini berarti masih sekitar 42 persen desa di Maluku yang belum tersentuh layanan listrik PLN.

Kondisi geografis yang berupa gugusan Kepulauan dan penduduk yang tersebar, menjadi salah satu penyebab utama kondisi belum terlistrikinya desa-desa di Maluku.

“PLN berkewajiban memberikan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat, termasuk masyarakat yang hingga kini belum mendapat layanan listrik dengan mengupayakan seluruh daerah terlayani listrik 24 jam, karena sejatinya mereka juga berhak mendapatkan layanan listrik bukan hanya monopoli mereka yang saat ini sudah mendapatkan listrik,” terang Direktur Operasi PLN Indonesia Timur, Vickner Sinaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis 24/1/2013).

Kepala Divisi Distribusi dan Pelayanan Pelanggan PLN Direktorat Operasi Indonesia Timur, Wirabumi Kaluti menambahkan, PLTS SEHEN menjadi salah satu solusi untuk meningkatkan rasio elektrifikasi termasuk rasio desa berlistrik di Maluku yang kondisi geografisnya unik.

"PLN di tahun 2013 ini akan melistriki 53 desa sebagaimana program yang telah disiapkan dan untuk 383 desa lainnya yang juga membutuhkan listrik, secara bertahap akan kami listriki melalui Program PLTS SEHEN Mandiri namun kami juga minta data yang valid mengenai jumlah penduduk yang ada pada setiap desa,” ujarnya

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Propinsi Maluku, Martha Nanlohy menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi Maluku sangat mengharapkan agar PLN benar-benar dapat mewujudkan layanan listrik di 436 Desa yang ada di Maluku.

“Pemerintah Daerah akan mendukung PLN dengan bekerjasama dalam upaya menyediakan listrik bagi masyarakat di Maluku, dan kami berharap ini dapat terealisasi,” harapnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)