KFC dan McDonald di China digoyang zat kimia

Jum'at, 25 Januari 2013 - 18:31 WIB
KFC dan McDonald di China digoyang zat kimia
KFC dan McDonald di China digoyang zat kimia
A A A
Sindonews.com - Restoran ayam cepat saji di China kini tengah dibelit masalah. Setelah dikabarkan makanan yang diolah tidak higiens, ayam yang digunakan KFC dan McDonald dikabarkan mengandung kadar kimia berlebihan.

Dilansir Reuters dari kantor berita Xinhua, Jumat (25/1/2013), akibat isu tersebut penjualan produsen ayam cepat saji terbesar di dunia itu anjlok.

Komite Keamanan Pangan Kota Shanghai menilai pemeriksaan KFC terhadap pemasok ayam lemah. Hal itu dibuktikan dengan penemuan tingkat residu kimia yang berlebih di beberapa makanan cepat saji.

Sebelumnya, McDonald Corp juga berada di bawah pengawasan intens media lokal, setelah televisi pemerintah melaporkan pada akhir Desember lalu, beberapa produk ayam mereka mengandung kelebihan obat antivirus dan hormon percepat pertumbuhan.

Di pihak lain, Food and Drug Administration (BPOM) Shanghai menemukan tingkat antibiotik dan steroid dalam ayam KFC aman, meskipun pengawas menemukan tingkat yang mencurigakan dari obat antivirus dalam salah satu dari delapan sampel yang diuji.

Akibat isu tersebut setengah dari pendapatan dan laba bersih kedua restoran di seluruh dunia menyusut lebih dari yang diharapkan pada kuartal keempat 2012.

Chief Executive McDonald, Don Thompson mengatakan, kabar yang menakut-nakuti soal ayam telah menyakiti penjualan McDonald di China selama kuartal keempat.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)