Isu energi selalu 'panas' di sidang kabinet

Selasa, 29 Januari 2013 - 12:19 WIB
Isu energi selalu panas...
Isu energi selalu 'panas' di sidang kabinet
A A A
Sindonews.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengatakan, isu energi selalu menjadi pembahasan yang 'panas' di dalam sidang-sidang kabinet, khususnya subsidi bahan bakar minyak (BBM) dan listrik.

"Di sidang kabinet, isu energi selalu menjadi pembahasan penting, seperti masalah subsidi BBM dan listrik," ungkap Jero saat membuka Sidang Anggota ke-9 DEN di Kantornya, Jakarta, Selasa (29/1/2013).

Kebijakan energi, lanjut Jero, seperti buah simalakama, penuh dengan dilema. Jika subsidi dicabut, rakyat akan kesulitan. Namun, jika subsidi terus menerus dipertahankan bisa membahayakan keuangan negara. "Di satu sisi kebutuhan rakyat, di sisi lain sudah membahayakan anggaran," ujarnya.

Masalah subsidi energi juga sangat terkait dengan politik. Kenaikan harga BBM dan listrik bisa mengguncang stabilitas energi. "Kenaikan harga BBM dan listrik selalu mengandung konsekuensi politik yang tidak bisa disepelekan," kata dia.

Untuk itu, Menteri asal Partai Demokrat ini meminta DEN terus mematangkan rancangan Kebijakan Energi Nasional (KEN) agar kebutuhan energi untuk rakyat bisa terpenuhi tanpa harus membahayakan keuangan negara. "Karena itu harus cermat DEN mempersiapkan proyeksi," ujar Jero.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6358 seconds (0.1#10.140)