Industri franchise diprediksi sulit tumbuh

Sabtu, 02 Februari 2013 - 16:23 WIB
Industri franchise diprediksi sulit tumbuh
Industri franchise diprediksi sulit tumbuh
A A A
Sindonews.com - Industri franchise dalam negeri diprediksi masih sulit berkembang pada 2013. Pertumbuhannya tidak jauh berbeda dengan 2012, karena terdapat beberapa faktor yang masih menjadi kendala.

Hal tersebut dikemukakan Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI), Anang Sukandar kepada Sindonews, di Jakarta, Sabtu (2/2/2013).

Menurutnya, saat ini jumlah franchise lokal sekitar 1.800. "Jumlah itu gabungan antara franchise dan Business Opprtunity (BO). Tapi lebih banyak yang BO daripada franchise, karena yang franchise masih di bawah 100," katanya.

Anang memperkirakan, usaha dalam bentuk BO akan tumbuh sekitar 8 persen pada 2013. Sementara, franchise diprediksi hanya tumbuh sekitar 2 persen. Minimnya franchise bukan karena kurang modal, melainkan kurang enterpreneurship.

"Kita itu, banyak masyarakat yang mencari duit tapi pengennya cepat atau dalam jangka pendek. Padahal, kalau dilihat saat pameran franchise, banyak yang usaha franchise, tapi mudah menghilang. Misalnya, tahun ini muncul pengusaha franchise baru dan tahun depan menghilanng. Jadi, sifatnya BO dan belum memenuhi kriteria franchise," jelas Anang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6057 seconds (0.1#10.140)