Pertamina bantah PHE direncanakan IPO

Minggu, 03 Februari 2013 - 12:47 WIB
Pertamina bantah PHE direncanakan IPO
Pertamina bantah PHE direncanakan IPO
A A A
Sindonews.com - PT Pertamina membantah penyataan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menyebut adanya rencana pelepasan saham perdana (Initial Public Offering/IPO) salah satu anak perusahaan Pertamina, yaitu Pertamina Hulu Energi (PHE).

"Sekarang belum ada rencana itu, apalagi untuk PHE," kata VP Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Minggu (3/2/2013).

Ali menambahkan, sangat kecil kemungkinan bagi PHE untuk IPO, sebab banyak hak-hak istimewa yang didapat Pertamina dari PHE. "Yang menjadi kendala ada privilege Pertamina di PHE," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian BUMN mengungkapkan rencana IPO PHE yang akan dilakukan paling cepat pada semester II 2013. "Targetnya paling cepat Pertamina Hulu Energi siap melantai di Bursa pada semester II 2013," tutur Wakil Menteri BUMN Mahmuddin Yasin di kantor BUMN baru-baru ini.

Yasin menilai kinerja anak perusahaan Pertamina tersebut cukup baik sehingga layak mencatatkan sahamnya di BEI. Dia optimistis saham perdana PHE akan diminati investor di pasar modal. "Dari size (ukuran) dan pasar Pertamina Hulu Energi cukup bagus," ujarnya.

Mengenai berapa besar saham yang akan dijual ke publik, dia menjelaskan umumnya BUMN menjual antara 15-20 persen ke publik. Namun, ia memastikan semua itu tergantung kebutuhan dana untuk pengembangan perusahaan tersebut.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5902 seconds (0.1#10.140)