RI-Nigeria sepakat tingkatkan nilai perdagangan

Senin, 04 Februari 2013 - 10:46 WIB
RI-Nigeria sepakat tingkatkan nilai perdagangan
RI-Nigeria sepakat tingkatkan nilai perdagangan
A A A


Sindonews.com - Indonesia dan Nigeria sepakat meningkatkan nilai perdagangan antar kedua negara menjadi USD5 miliar dalam tiga tahun ke depan.

Kesepakatan ini dicapai dalam pertemuan bilateral Menteri Perdagangan RI, Gita Wirjawan dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Chatib Basri dengan Menteri Perdagangan dan Investasi Nigeria, Olusegun Olutoyin Aganga di Abuja, Nigeria, Sabtu (2/2/2013) waktu setempat.

Kesepakatan lain yang dicapai dalam pertemuan tersebut, pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) dan task force untuk membuat roadmap pengembangan perdagangan dan investasi antar kedua negara.

"PTA dengan Nigeria adalah langkah yang tepat untuk dapat mengembangkan pasar produk industri Indonesia ke pasar-pasar non tradisional yang selama ini sulit ditembus," ujar Gita dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (4/2/2013).

Selain meningkatkan nilai perdagangan, Mendag Gita Wirjawan juga menekankan pentingnya dilakukan ‘rebalancing’ perdagangan yang menguntungkan kedua negara. Pernyataan tersebut disambut baik oleh Menteri Perdagangan dan Investasi Nigeria. Menurut Olusegun Agangan, perlu dilakukan pembuatan rencana aksi untuk mencapai hal tersebut.

Total nilai perdagangan Indonesia-Nigeria pada 2011 mencapai USD2,1 miliar. Sementara, pada periode Januari-Oktober 2012, perdagangan keduanya mencapai USD2,7 miliar. Dalam hal ini, Indonesia selalu mengalami defisit rata-rata sekitar USD1,5 miliar setiap tahunnya, karena impor minyak dari Nigeria.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5131 seconds (0.1#10.140)