Kadin: Nigeria bisa jadi pintu ekspor ke Afrika Barat

Senin, 04 Februari 2013 - 16:51 WIB
Kadin: Nigeria bisa jadi pintu ekspor ke Afrika Barat
Kadin: Nigeria bisa jadi pintu ekspor ke Afrika Barat
A A A
Sindonews.com - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Komite Afrika, Mintardjo Halim yang menjadi koordinator para pengusaha Indonesia dalam misi dagang ke Nigeria mengungkapkan, Nigeria sebagai salah satu negara terbesar di Afrika Barat dapat dijadikan pintu masuk ke negara-negara di sekitarnya.

"Kami akan melakukan kerja sama yang lebih erat dengan Kadin Nigeria untuk menerobos pasar yang sangat potensial. Terutama, untuk produk makanan dan minuman, tekstil, pakaian jadi, furnitur, serta consumer products lainnya seperti sabun, kertas, dan kosmetik," ujar Mintardjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (4/2/2013).

Dalam pertemuan ini, Indonesia dan Nigeria juga sepakat untuk membentuk semacam Preferential Trade Agreement (PTA) yang diharapkan dapat membantu penetrasi ekspor Indonesia ke kawasan Afrika Barat.

"PTA akan lebih mempercepat upaya Indonesia untuk menerobos pasar-pasar non tradisional, seperti Benin, Ghana, Pantai Gading, dan Liberia. Ini merupakan inisiatif baik dan kedua pihak perlu melakukan pembahasan terkait PTA secepatnya agar hambatan dagang yang kedua negara hadapi selama ini dapat segera diatasi," kata Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Gusmardi Bustami pada kesempatan yang sama.

Ekspor Indonesia ke wilayah Afrika meningkat signifikan. Pada 2004, nilai ekspor Indonesia ke Afrika hanya sebesar USD2,5 miliar. Nilai ekspor ini meningkat dua kali lipat pada 2012 hingga mencapai USD5,1 miliar.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9893 seconds (0.1#10.140)