Kadin minta DPR pangkas anggaran kementerian

Selasa, 05 Februari 2013 - 11:17 WIB
Kadin minta DPR pangkas anggaran kementerian
Kadin minta DPR pangkas anggaran kementerian
A A A
Sindonews.com - Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pemberdayaan Daerah dan Bulog, Natsir Mansyur Natsir menyayangkan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah selalu meleset.

Menurutnya, perlu adanya tindakan sanksi atas kegagalan itu dengan mengurangi anggaran kementerian oleh pihak legislatif. Urusan pangan, kata dia, tidak boleh main-main karena menyangkut masyarakat banyak.

"Indonesia selalu mau swasembada pangan, tapi sayang perencanaan swasembada pangan selalu meleset. Jika Kemendag dan Kementan salah mengurus pangan nasional, selayaknya DPR RI memberikan punishment (sanksi) dengan mengurangi anggaran kedua kementrian tersebut, karena urusan pangan tidak boleh main-main," katanya dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Selasa (5/2/2013).

Natsir meyakini bahwa Kemendag dan Kementan memahami pertumbuhan ekonomi nasional yang tinggi dan perlu ditunjang dengan kebutuhan pangan nasional. Kondisi tersebut, lanjut Natsir, seharusnya mampu membuat produksi pangan jadi tinggi.

"Jangan sampai produksi lambat, distribusi dan perdagangannya juga ikut lambat juga," ujar dia.

Menurutnya, jika hal tersebut terus bermasalah, maka rakyat yang akan menanggung beban sebagai akibat dari kebijakan Kementan dan Kemendag yang salah diagnosa. "Urusan politik pangan nasional tidak boleh main-main karena semua negara butuh pangan," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4539 seconds (0.1#10.140)