Tunggakan listrik Jepara Rp2,3 miliar

Kamis, 07 Februari 2013 - 17:24 WIB
Tunggakan listrik Jepara Rp2,3 miliar
Tunggakan listrik Jepara Rp2,3 miliar
A A A
Sindonews.com - Tunggakan listrik PT PLN (Persero) Rayon Jepara, hingga akhir Januari 2013 menempati urutan kedua se-Jawa Tengah (Jateng) dan DI Yogyakarta.

Rendahnya kesadaran pelanggan membayar tagihan listrik tepat waktu dituding menjadi faktor utama tingginya tunggakan. Di Kabupaten Jepara ada dua rayon, yakni PT PLN (Persero) Rayon Jepara yang melayani jaringan dan distribusi listrik wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Demak, Kudus hingga kawasan perkotaan Jepara.

"Lalu ada juga Rayon Bangsri yang melayani hingga wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Pati," Manager PT PLN (Persero) Rayon Jepara, Ulung Styobudi, Kamis (7/2/2013).

Menurutnya, peringkat pertama tunggakan listrik se Jateng-DIY ditempati Rayon Semarang Timur dengan jumlah tunggakan sekitar Rp3 miliar. Setelah itu, Rayon Jepara dengan jumlah tunggakan Rp2,3 miliar. Sedangkan, peringkat ketiga adalah Rayon Semarang Tengah dengan jumlah tunggakan Rp2,2 miliar.

Khusus Rayon Bangsri, posisinya masuk urutan 10 besar Jateng-DIY dengan jumlah tunggakan Rp1,256 miliar. "Kalau Semarang yang merupakan Provinsi Jateng tunggakan listriknya tinggi, bisa dimaklumi. Tapi kalau Jepara yang merupakan kota kecil, tetapi tunggakannya tinggi itu yang mengejutkan," kata Ulung.

Supervisor Administrasi dan Pelayanan Pelanggan PT PLN (Persero) Rayon Jepara, Susanto menjelaskan, tunggakan listrik di Kota Ukir tertinggi di wilayah eks Karisidenan Pati. Yakni, Kabupaten Blora, Rembang, Pati, Kudus, dan Jepara.

Menurutnya, tunggakan listrik di Jepara hampir sama dengan kota besar, seperti Surakarta, Yogyakarta, dan Purwokerto yang tunggakannya sekitar Rp1 miliar. Tagihan biaya listrik yang masuk ke PLN Rayon Jepara sebesar Rp14,2 miliar. Sementara yang terbayarkan per Januari hanya sekitar Rp11,9 miliar. "Ini yang membuat kita prihatin," ujarnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4761 seconds (0.1#10.140)