DPR heran daging sapi Indonesia termahal di dunia

Senin, 11 Februari 2013 - 16:06 WIB
DPR heran daging sapi Indonesia termahal di dunia
DPR heran daging sapi Indonesia termahal di dunia
A A A
Sindonews.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengaku heran dengan fenomena tingginya harga daging sapi di Indonesia yang tergolong paling mahal di dunia. DPR pun mempertanyakan kinerja pemerintah dalam mengatur ketersediaan daging sapi, karena harganya sudah tidak wajar.

"Bagaimana tata kerja pemerintah, sehingga harga daging bisa termahal di dunia?" tanya Anggota Komisi IV DPR, Anton Sihombing dalam Rapat Dengar Pendapat di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/2/2013).

Dia pesimis swasembada lima bahan pangan (beras, jagung, kedelai, gula, dan daging) yang ditargetkan pemerintah dapat tercapai, setelah melihat buruknya kinerja pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan rakyat, misalnya daging sapi. "Apakah masih ada keyakinan swasembada?" ucap.

Sebelumnya, Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi membenarkan data yang menyebut bahwa harga daging sapi di Indonesia paling mahal di dunia.

Harga daging sapi di Indonesia saat ini berkisar antara Rp90-95 ribu per kilogram (kg). Padahal, harga daging sapi di pasaran dunia hanya sekitar Rp40-45 ribu per kg.

"Faktanya adalah, harga kita kurang lebih dua kali lebih mahal, kita sampe USD9,5, padahal di luar hanya USD4-4,5," ungkap Bayu, beberapa waktu lalu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6137 seconds (0.1#10.140)