Bulog DIY siap distribusi raskin

Selasa, 12 Februari 2013 - 18:31 WIB
Bulog DIY siap distribusi raskin
Bulog DIY siap distribusi raskin
A A A
Sindonews.com - Badan urusan logistik (Bulog) Divre Reginal DIY, siap menyalurkan beras bagi keluarga miskin (raskin) di wilayah DIY. Distriubusi akan dimulai pekan depan kepada 288.391 rumah tangga sasaran (RTS).

Kepala Bulog Divre DIY, Darsono Imam Yuwono mengatakan, penyaluran ini akan dilakukan menyusul turunnya SK gubernur DIY No 7/Kep/2013 tentang Pagu RTS penerima beras untuk rumah tangga miskin. Sesuai ketentuan ini akan disalurkan 51.910.380 kilogram beras bagi 288.391 RTS untuk jatah Januari.

Untuk tahap awal, penyaluran baru akan dilakukan di empat kabupaten. Sementara di Kota Yogyakarta akan dilakukan sepekan setelahnya. “Semuanya sudah siap tinggal penyaluran saja,” jelas Darsono di DIY, Selasa (12/2/2013).

Menurutnya, pada Kamis 14 Februari 2013 nanti akan dilakukan sosialsiasi di empat kabupaten/kota. Sosialisasi lebih kepada penekanan penyaluran lebih tepat sasaran. Apalagi dalam penyaluran tahun ini jumlah penerima raskin juga mengalami penurunan. “Raskin ini harus tepat sasaran,” tuturnya.

Dibanding Provinsi lain, lanjut Darsono, penyaluran raskin di DIY sedikit tertinggal. Penyaluran akan dilakukan secara bertahap dan tidak ada yang didobel.

Kabid Sosial Dinsosnakertrans Kulonprogo, Arif Prastowo mengatakan, penerimaan tahun ini mengalami penurunan. Jika sebelumnya 50.278 kilogram tinggal 43.021 kilogram.

Saat ini, lanjutnya, pihaknya telah siap untuk data by name by address. Data ini akan disosialisasikan kepada perangkat desa. Mereka diminta untuk melakukan pencermatan. “Kalau pada pencermatan ada yang dobel, meninggal atau salah sasaran bisa dicoret dan diganti,” tuturnya.
(gpr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)