30 kuliner akan dijadikan icon Indonesia

Rabu, 13 Februari 2013 - 15:36 WIB
30 kuliner akan dijadikan icon Indonesia
30 kuliner akan dijadikan icon Indonesia
A A A
Sindonews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu menyatakan, pemerintah telah sepakat menjadikan 30 kuliner khas Indonesia sebagai salah satu alat untuk mempromosikan Indonesia ke dunia internasional.

"Kita sepakat akan promosi tourism trade dan investment bersama. Salah satu yang kita angkat bersama adalah 30 kuliner icon Indonesia," tutur Mari Elka saat ditemui di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Mari menyebutkan beberapa kuliner khas Indonesia yang masuk sebagai Icon Indonesia, seperti rendang dan soto. "Acara apapun 30 icon kuliner. Di dalam 30 itu ada rendang, nasi goreng, gado-gado, soto," kata dia.

Penggunaan kuliner khas Indonesia sebagai alat promosi ini, lanjutnya, berkaca dari keberhasilan Thailand yang mengangkat namanya ke dunia melalui promosi kuliner.

"Thailand kan sangat berhasil ya promosi kulinernya. Sampai produknya bukan hanya kuliner saja tapi juga negaranya. Produk makanan Thailand juga ada di supermarket," kata kandidat kuat Dirjen WTO ini.

Selain itu, pemerintah juga akan mengembangkan Restoran Indonesia yang menyajikan makanan khas Indonesia untuk melakukan promosi di luar negeri. "Jadi kita mau semua acara Indonesia dan mudah-mudahan Restoran Indonesia di luar negeri akan kita kembangkan," ucap Mari.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4415 seconds (0.1#10.140)