Ini produk ekspor ekonomi kreatif andalan Indonesia

Rabu, 13 Februari 2013 - 15:52 WIB
Ini produk ekspor ekonomi kreatif andalan Indonesia
Ini produk ekspor ekonomi kreatif andalan Indonesia
A A A
Sindonews.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berharap ekspor produk-produk ekonomi kreatif bisa ditingkatkan pada 2013. Saat ini, ekspor produk ekonomi kreatif Indonesia masih didominasi fashion, kriya, dan kuliner.

Kemenparekraf pun memberikan perhatian khusus pada produk fashion dan handy craft (kerajinan tangan). "Kita berharap bisa lebih tinggi karena intinya, kan dia nilai tambah yang kita kejar. Kita harapkan fashion dan handy craft. Sebetulnya tiga besar itu, fashion, kriya, dan kuliner," kata Menparekraf, Mari Elka Pangestu kepada wartawan di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Dia mencontohkan beberapa bisnis ekonomi kreatif yang sangat berpotensi untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekspor, yaitu jasa digital content animasi, dan sebagainya.

"Lainnya, yang juga export oriented itu adalah digital content, seperti animasi. Kita banyak lakukan outsourcing untuk animasi, komik, dan film. Sudah banyak, jadi ekspor jasa," ujar mantan Menteri Perdagangan ini.

Selain itu, jasa gambar rancangan arsitektur juga disebut putri salah satu pendiri CSIS ini sebagai produk ekonomi kreatif yang sangat berpotensi untuk digenjot ekspornya. "Gambar untuk rancangan arsitektur pun sudah banyak yang ekspor," pungkas Mari Elka.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3269 seconds (0.1#10.140)