Mari Elka prediksi jumlah wisatawan meningkat

Rabu, 13 Februari 2013 - 17:01 WIB
Mari Elka prediksi jumlah wisatawan meningkat
Mari Elka prediksi jumlah wisatawan meningkat
A A A
Sindonews.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu memperkirakan, jumlah wisatawan ke Indonesia, baik wisatawan mancanegara (wisman) maupun wisatawan lokal pada 2013 meningkat dibanding tahun lalu.

"Wisman (naik) hampir 6 persen (pada 2012), wisnus (wisatawan nusantara) itu (naik) 3,2 persen (pada 2012). Prediksi saya sih (tahun ini) masih tinggi. Kita harapkan masih sama lah (pertumbuhannya) dengan tahun lalu, pasti masih double digit," ujar Mari Elka usai Rapat Koordinasi di Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (13/2/2013).

Menurutnya, pertumbuhan jumlah wisatawan ini tergolong memuaskan. Khususnya untuk pertumbuhan jumlah wisatawan lokal. Pasalnya, jumlah wisatawan lokal mengalami pertumbuhan hingga dua kali lipat dari angka pertumbuhan penduduk.

Tingginya angka pertumbuhan wisatawan lokal ini sejalan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat Indonesia secara umum. "3,2 persen itu dua kali lebih tinggi dari pertumbuhan penduduk. Itu berarti masyarakat kelas menengah meningkat, kebutuhan wisata juga meningkat," jelas calon Dirjen WTO ini.

Pembangunan infrastruktur konektivitas yang semakin giat dan rendahnya tiket pesawat juga mempertebal optimisme Mari Elka, bahwa jumlah kunjungan wisatawan akan terus meningkat. "Dan itu juga dibantu dengan budget airlines dan konektivitas juga bertambah," ujar dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0473 seconds (0.1#10.140)