Komisi Eropa: Negosiasi perdagangan bebas Juni 2013

Rabu, 13 Februari 2013 - 20:01 WIB
Komisi Eropa: Negosiasi perdagangan bebas Juni 2013
Komisi Eropa: Negosiasi perdagangan bebas Juni 2013
A A A
Sindonews.com - Uni Eropa dan Amerika Serikat harus dapat memulai negosiasi perdagangan bebas paling lambat akhir Juni 2013. Hal tersebut disampaikan Presiden Komisi Eropa, Jose Barroso di Brussels, Rabu (13/2/2013).

Barroso mengatakan, kedua belah diharapkan memulai pembicaraan pada semester pertama tahun ini menyusul pidato tahunan Presiden AS, Barack Obama yang menyerukan pembicaraan perjanjian perdagangan bebas yang lebih luas dengan 27 negara di Uni Eropa. "Pembicaraan dapat segera dilaksanakan pada akhir Juni nanti," ucap Barroso seperti dilansir Reuters.

Diberitakan sebelumnya, Obama ingin membuka hubungan ekonomi yang lebih bebas dan adil dengan sekutunya di Eropa. Langkah ini dilakukan untuk menggenjot pemulihan ekonomi yang lambat.

"Malam ini (waktu AS) saya mengumumkan, bahwa kita akan meluncurkan pembicaraan tentang Perdagangan Transatlantic secara komprehensif dan kemitraan investasi dengan Uni Eropa untuk perdagangan bebas dan adil," kata Obama.

Tercatat, total perdagangan Amerika Serikat dan Uni Eropa saat ini lebih dari USD600 miliar per tahun. Termasuk penjualan mayoritas perusahaan milik AS atau Uni Eropa di pasar masing-masing, menambah sekitar USD1,2 miliar.

Perusahaan-perusahaan AS telah menginvestasikan USD1,9 triliun pada produksi, distribusi dan operasi lainnya di Uni Eropa, jauh lebih besar daripada di China atau tempat lain di dunia. Sementara perusahaan Uni Eropa telah menginvestasikan dana sekitar USD1,6 triliun di AS.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4751 seconds (0.1#10.140)