Menkeu Jerman: Nilai tukar uang harus ikuti pasar

Jum'at, 15 Februari 2013 - 19:44 WIB
Menkeu Jerman: Nilai tukar uang harus ikuti pasar
Menkeu Jerman: Nilai tukar uang harus ikuti pasar
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Jerman, Wolfgang Schaeuble menyatakan, nilai tukar uang suatu negara harus mencerminkan kondisi pasar.

Dia percaya kelompok 20 ekonomi terbesar (G20) akan mengambil sikap yang sama terhadap kebijakan nilai tukar mata uang, seperti yang telah dilakukan kelompok tujuh negara (G7).

Schaeuble menyatakan, pihaknya tidak akan mencampuri devaluasi kompetitif seperti yang dilakukan G7, di mana mereka telah sepakat menentang intervensi negara terhadap mata uang menjelang pertemuan di Moskow, Rusia.

"Kami tidak ingin pemerintah intervensi dalam nilai tukar. Kami ingin berorientasi pada pasar, yang tentu saja akan terus berkembang," ujar Schaeuble, seperti dilansir Reuters, Jumat (15/2/2013).

Sebelumnya, Menteri Keuangan Rusia, Anton Siluanov juga menentang langkah campur tangan pemerintah terhadap nilai tukar yang akan dibahas dalam pembicaraan antar-kepala keuangan pada 16 Februari 2013. Upaya ini untuk mencegah perang mata uang.

"Negara G20 selalu memegang posisi bahwa kebijakan mata uang harus didasarkan pada kondisi pasar. Saya pikir kita harus mengambil sikap lebih spesifik tentang hal ini," tandas Siluanov.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8076 seconds (0.1#10.140)