Menkeu Korsel segera tetapkan stimulus fiskal

Senin, 18 Februari 2013 - 12:47 WIB
Menkeu Korsel segera...
Menkeu Korsel segera tetapkan stimulus fiskal
A A A
Sindonews.com - Menteri Keuangan Korea Selatan baru, Hyun Oh Seok akan menetapkan batas stimulus fiskal untuk memacu pertumbuhan dengan naiknya mata uang won. Langkah tersebut dilakukan dalam upaya mendorong kembali negara ekonomi terbesar keempat di Asia itu.

Hyun telah memperingatkan jika kesehatan keuangan dibiarkan akan membuat ekonomi bangsa memburuk. Pemerintah harus melihat ruang untuk mengambil kebijakan fiskal dan moneter.

Pria berusia 62 tahun, yang juga wakil perdana menteri bidang ekonomi di bawah Presiden terpilih Park Geun Hye, kini menghadapi tantangan membantu meningkatkan ekonomi yang diperluas tahun lalu, di laju paling lambat sejak krisis keuangan global.

Dalam laporan November 2012, Hyun mengatakan pemerintah harus memastikan kesehatan fiskal sambil menerapkan kebijakan yang lebih ekspansif dan melakukan kebijakan moneter yang lebih aktif.

"Hyun tidak akan membuka pintu belanja fiskal secara agresif, karena dia tidak ingin membahayakan kesehatan fiskal negara," kata Jeong Young Sik, kepala peneliti dari Samsung Economic Research Institute, Seoul, seperti dilansir Bloomberg, Senin (18/2/2013).

"Mengingat bahwa Hyun pernah menjadi pembantu dekat pemerintah Lee Myung Bak, saya tidak berharap dia membuat perubahan drastis, tambah Lee.

Kabinet yang ditunjuk pemerintah baru Park, termasuk Hyun, tunduk pada persetujuan parlemen di Majelis Nasional, di mana Partai Frontier sebagai pemilik suara mayoritas.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0739 seconds (0.1#10.140)